Responsive image
Selasa, 2019-10-29 , 18:20:03 WIB

Tito Inginkan Terobosan Baru Pengelolaan Perbatasan Negara


JAKARTA- Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga selaku Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berharap BNPP dapat mengeluarkan terobosan baru dalam pengelolaan perbatasan negara.


Hal tersebut disampaikan oleh Tito saat menggelar rapat Konsolidasi Internal bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BNPP di Kantor BNPP, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).


Salah satu terobosan yang diinginkan oleh mantan Kapolri ini adalah melibatkan pihak swasta dalam pembangunan perbatasan negara.


Menurut Tito, pihak swasta bisa saja diberikan kesempatan untuk mengolah lahan kosong di daerah perbatasan sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru, tentunya dengan kompensasi yang dilakukan oleh pihak swasta untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan kawasan perbatasan. Misalnya, membangun jalan perbatasan tanpa memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


"Nah mungkin juga perlu di pikirkan terobosan-terobosan kreatif lain yang mungkin tadi saya lihat instansi, tapi saya tidak lihat yang melibatkan swasta. Ini mungkin terobosan kreatif, swasta yang tertarik untuk mengembangkan perbatasan itu tanpa menggunakan APBN kenapa tidak gitu," ujarnya.


Selain itu, BNPP sebagi lembaga yang mempunyai fungsi koordinator harus mempunyai contac person dari setiap kementerian/lembaga maupun perwakilan daerah.


"Saya melihat bahwa untuk bisa melakukan fungsi koordinasi ini kuncinya adalah satu kita punya kontak person yang jelas dari setiap kementerian/lembaga maupun perwakilan-perwakilan daerah sehingga nanti jangan sampai berganti orang," lanjutnya.


BNPP juga diminta menyiapkan perencanaan detil dan pembagian tugas yang jelas untuk kementerian/lembaga anggota BNPP tiap tahunnya. 


"Sehingga mereka tahu persis yang mau dikerjakan itu apa, sudah sebaiknya ditentukan dari kita, meskipun ada rekonsiliasi. Artinya sinkronisasi dengan mereka juga. Sehingga mereka paham, di daerah ini tahun ini mau berbuat ini, saya rasa itu kuncinya," pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA