Responsive image
Jumat, 2019-05-10 , 14:54:42 WIB

Tjahjo Kumolo Musrembangnas Kunci Berjalannya Pembangunan Infrastruktur di Daerah

JAKARTA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 sebagai kunci berjalannya infrastruktur pembangunan di suatu daerah. Termasuk kawasan perbatasan dan pulau terluar.

Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menghadiri kegiatan Musrenbangnas 2019 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (09/05/2019). 

Tjahjo yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menilai pembangunan infrastruktur dasar, sosial dan ekonomi yang dijalankan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota memiliki dampak yang besar bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.  

Untuk itu jugalah dalam Musrenbang ini pemerintah pusat ingin memastikan pembangunan di semua daerah berjalan dengan baik melalui peraturan-peraturan yang dikeluarkan.

"Jujur kita akui bahwa pembangunan infrastruktur ini berdampak besar sekali" jelas Tjahjo.

Dalam empat tahun terakhir pembangunan infrastruktur dasar dan sosial khususnya di kawasan perbatasan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan ekonomi maayarakat.

BNPP yang memiliki tugas melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas (KISS) dengan para stakeholder demi mewujudnyatakan kawasan perbatasan sebagai beranda depan negara telah melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur serta upaya peningkatan kesejahateraan masyarakat di perbatasan. 

Salah satunya dibangunnya tujuh Pos Lintas Batas negara (PLBN) yang terpadu dengan infrastruktur dasar, sosial dan ekonomi. Tahun ini BNPP melalui kementerian dan lembaga terkait sedang menjalankan pembangunan 11 PLBN tambahan. 

Beberapa waktu lalu Tjahjo pernah menjelaskan bahwa pembangunan PLBN bukan sekadar jalur lintas barang maupun orang, tetapi harus bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. Sebab, dalam pembangunan PLBN tidak hanya sebatas pintu gerbang pelintas batas. Kebutuhan sosial dasar dan pusat ekonomi juga ikut dibangun secara terpadu untuk mencapai target yang diinginkan.

Selain PLBN, BNPP melalui kementerian dan lembaga terkait telah membangun kantor di 187 kecamatan yang berada di wilayah perbatasan. Setiap kecamatan dilengkapi dengan fasilitas penunjang kesehatan seperti puskesmas termasuk tenaga kesehatan dan obat.

Fasilitas perhubungan seperti terminal bus, pelabuhan laut dan bandar udara juga menjadi prioritas BNPP untuk mendorong kawasan perbatasan sebagai pusat ekonomi baru. 

"Daya saing dan pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan itu harus tinggi. Bagaimana menjadikan daerah perbatasan itu sebagai daerah yang mandiri, daerah yang bisa tumbuh baik investasinya, pariwisata maupun perdagangannya," ujar Tjahjo di sela acara peresmian Masjid Adz Dzikra dan buka puasa bersama di Gedung BNPP, Jakarta, Rabu (8/5/2019).


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI