Responsive image
Jumat, 2019-10-11 , 22:32:12 WIB

Tjahjo Kumolo: Wajah Perbatasan NKRI Telah Berubah Drastis


JAKARTA- Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga sebagai Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menyampaikan bahwa hasil evaluasi pengelolaan perbatasan negara banyak mengalami kemajuan.


Hal tersebut disampaikan Tjahjo dalam rapat internal lingkup BNPP yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat (11/10).


Meski hasil evaluasi pengelolaan perbatasan negara menunjukkan kemajuan, Tjahjo berharap para ASN di lingkungan BNPP tidak lupa bahwa masih banyak tugas yang harus dilakukan guna memajukan perbatasan negara.


"Evaluasi terhadap pengelolaan perbatasan negara menunjukkan bahwa banyak kemajuan yang telah dicapai, namun disadari masih cukup banyak tugas yang harus terus kita kerjakan dan lanjutkan. Hal tersebut sebagai komitmen kita, bahwa negara harus hadir diperbatasan," ujarnya.


Tjahjo mengatakan bahwa di bawah koordinasi BNPP, Kementerian/Lembaga anggota BNPP dapat merubah wajah perbatasan Indonesia.


"Wajah perbatasan NKRI telah berubah drastis yang semula terisolir, terbelakang, terpinggirkan, kurang sentuhan pembangunan, saat ini telah terjadi perubahan secara bertahap dan berkelanjutan menunjukkan negara hadir diperbatasan," lanjutnya.


Ia menjabarkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga anggota BNPP di wilayah perbatasan. Seperti melalui pemenuhan sarpras dan layanan sosial dasar dan perekonomian berbasis sektor dan produk unggulan, pembangunan sarpras konektivitas wilayah (infrastruktur,transportasi, ketenaga listirikan dan komunikasi), serta pembangunan sarpras strategis terkait pengelolaan dan pengamanan batas wilayah, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu yang telah diresmikan oleh Bapak Presiden RI, serta Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT).


Tjahjo mengatakan bahwa percepatan penyediaan infrastruktur transportasi untuk memperlancar arus barang dan jasa, peningkatan akses komunikasi dan informasi, pembangunan dan pengembangan sarana prasarana perdagangan, merupakan hal penting untuk menjadi pengungkit dalam pembangunan di kawasan perbatasan, sehingga penyelesaiannya harus dipercepat.


"Untuk itu perlu terus dipercepat penyelesainnya di bawah koordinasi BNPP," pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA