Responsive image
Rabu, 2019-11-13 , 23:31:44 WIB

TNI AL Sukses Gelar Kegiatan Dewilhanla di Pesisir Pulau Sebatik



NUNUKAN- TNI Angkatan Laut yang merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sukses menggelar kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dewilhanla). Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah perbatasan negara yaitu pesisir Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.


Kegiatan ini resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmar Mabesal) Brigjen TNI (Mar), Donar Philip Rompas.


Kegiatan Dewilhanla ditutup dengan rangkaian kegiatan, antara lain bakti sosial khitanan massal, penyerahan bantuan pada masyarakat, dan pemberian plakat penghargaan kepada tokoh masyarakat yang selama ini ikut membantu mensukseskan kegiatan Dewilhanla.


“Secara menyeluruh kegiatan ini berjalan sukses sesuai rencana selama tiga hari sejak tanggal 11 hingga 13 November,” ujar Donar seperti dikutip dari niaga.asia, Rabu (13/11/2019).


Donar mengatakan bahwa permasalahan di perbatasan tidak dapat dilihat hanya dari perspektif keamanan saja, tapi juga harus dilakukan pendekatan tradisional yang menekankan aspek kesejahteraan manusia.


Cara tersebut bertujuan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat perbatasan yang ada di Pulau Sebatik.


Sementara pendekatan keamanan diperlukan guna terciptanya stabilitas politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. 


“Lewat sosialisasi dan bantuan kesehatan, kita berharap masyarakat Indonesia di perbatasan memiliki wawasan kebangsaan cinta tanah air dan peningkatan kesehatan,” sambungnya.


Selain itu, meski berada di daerah perbatasan negara Dora mengingatkan masyarakat agar tetap mencintai negara sendiri yaitu NKRI. Rasa cinta tanah air itu dapat diwujudkan dengan cara menghargai dan mencintai produk dalam negeri. 


“Cinta dan bangga terhadap tanah air dapat dibuktikan dari hal yang kecil-kecil sekalipun, misalkan membangkitkan rasa patriotisme dan nasionalisme kebangsaan,” pungkasnya.


Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam Dewilhanla meliputi sosialisasi dan penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, khitan massal, tanam mangrove, ekonomi sosial budaya lingkungan maupun pertahanan keamanan Pulau


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA