Responsive image
Selasa, 2019-10-01 , 14:20:53 WIB

TNI Buat Akses Jalan Baru dan Pos Kamling di Sota


JAKARTA- Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas ) RI-Papua New Guinea, Yonif Mekanis 411/Pandawa membuka akses jalan baru dan pos kamling di Distrik Sota, Merauke, Papua.

Satgas Yonif Mekanis 411/Pandawa membuat akses jalan baru di Kampung Yakyu, Distrik Sota. Akses jalan baru dibangun karena sejumlah 40 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari Kampung Weam, Papua New Guinea menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia.

Yakyu yang memiliki 40 KK merupakan bagian dari kampung Rawa Biru, Distrik Sota dimana untuk menuju kampung tersebut harus menggunakan perahu dan jika menempuh jalur darat  akan memakan waktu selama dua jam.



Dansatgas Pamtas Yonmek Raider 411/Pdw Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya, menyampaikan pembuatan akses jalan baru ini dimaksudkan untuk mempermudah warga di Kampung Yakyu menuju perbatasan.

"Akses jalan dari kampung ini menuju perbatasan, harus melalui jalan setapak yang sulit dilalui. Oleh karenanya, kami membukakan jalan baru untuk akses warga menuju perbatasan," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi tniad.mil.id, Selasa (1/10).

Akses jalan baru dibangun sepanjang 800 meter sampai dengan Patok MM 13.2. Diharapkan dengan adanya jalan tersebut selain mempermudah akses jalan masyarakat Kampung Yakyu juga dapat mengontrol pelintas batas dari PNG yang masuk ke RI.

Sementara pembangunan pos kamling dibangun di Kampung Yanggandur, Distri Sota. Rizky mengatakan bahwa pembangunan pos kamling ini adalah yang kedua dilaksanakan oleh Satgas, dimana sebelumnnya dilakukan pembangunan di Jalur dua Kampung Sota.

"Sebanyak enam personel Pos Yanggandur dipimpin oleh Danpos (Letda Inf Muhammad Rizal) selama sembilan hari bersama warga mengerjakan pembangunan pos kamling tersebut," katanya.

Ia juga mengatakan pembangunan pos kamling ini dilakukan untuk mendukung terciptanya suasana lingkungan kampung yang aman serta mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya keamanan.

"Dengan adanya Poskamling akan membangkitkan kesadaran masyarakat dalam ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya, karena pengamanan swakarsa perlu dilestarikan dan ditingkatkan sebagai budaya bangsa yang harus terus dilestarikan," pungkasnya.

(Humas BNPP dan Sumber Lain)
VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal