Responsive image
Rabu, 2020-05-13 , 14:27:04 WIB

TNI Kirim 450 Prajurit ke Perbatasan Indonesia-Malaysia


PALEMBANG - Untuk memperkuat penjagaan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengirim sebanyak 450 prajurit dari Yonif Raider 200 Bhakti Negara ke perbatasan Indonesia-Malaysia.


450 prajurit tersebut berangkat ke wilayah perbatasan melalui jalur laut, yaitu dengan menumpang KRI Teluk Lampung 540. 450 prajurit tersebut akan diturunkan di dua lokasi perbatasan negara yaitu Kabupaten Nunukan dan Tarakan di Provinsi Kalimantan Utara.


Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Anwar mengatakan 450 prajurit ini dilepas langsung oleh Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni di Dermaga Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin (11/5/2020) dengan upacara pemberangkatan prajurit.


Dua wilayah ini memiliki kerawanan berupa pergeseran patok tapal batas, pembalakan hutan, penambangan liar, mobilitas TKI ilegal, perdagangan ilegal serta penyelundupan narkoba dan minuman keras.


Keberadaan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200 BN diharapkan tidak saja dapat mengamankan wilayah perbatasan, akan tetapi juga mampu membantu mengatasi kerawanan-kerawanan yang ditemukan.


"Kasdam juga berpesan kepada pra prajurit untuk laksanakan tugas dengan penuh totalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Jalin komunikasi dan koordinasi dengan Polri, Pemda, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, Aparat Kowil setempat dan Tentara Diraja Malaysia yang bertugas di perbatasan," ujar Djohan seperti dikutip dari tribunnews.com, Rabu (13/5/2020).


Seluruh prajurit diminta cepat beradaptasi dengan lingkungan saat tiba di daerah penugasan agar dapat memahami situasi dan kondisi wilayah dengan berbagai permasalahan yang ada.


(Humas BNPP dan Sumber Lain) Foto: Tribunsumsel

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA