Responsive image
Senin, 2019-04-29 , 12:52:44 WIB

Tol Laut di Saumlaki Beroprasi Harga Barang Kebutuhan Pokok Dapat Dikendalikan


MALUKU - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan rombongan melakukan kunjungan kerja dan rapat koordinasi pemanfaatan tol laut Tahun Anggaran 2019 di Kantor Unit Pelayanan Bandar Udara Saumlaki, Maluku, Rabu (27/3/2019).

Dalam kunjungan kerja kali ini, Menteri Budi Karya Sumadi turut didampingi Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo dan Dirut PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing.

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar Piterson Rangkoratat, Kapolres Maluku Tenggara Barat, Kajari Saumlaki, Forkopimda Kabupaten, dan PELNI ini digelar tertutup.

Usai rapat Budi Karya Sumadi menyempatkan diri berbincang dengan 30 pelaku usaha logistik di wilayah setempat soal pemanfaatan tol laut. Pendapat maupun nasihat dari para pelaku usaha ditampung Menteri Budi Karya Sumadi.

"Kunjungan saya ke Saumlaki adalah untuk memastikan tol laut berjalan dengan baik, artinya harga barang di sini relatif bisa dikendalikan," ujar Budi Karya Sumadi.

Menteri Budi Karya Sumadi mendapat masukan masalah waktu bongkar muat yang harus lebih singkat dengan mengkoordinir buruh dalam jumlah banyak agar mau bekerja 24 jam. Alasannya selama ini buruh hanya bekerja hingga sore hari.

Rencana kedepan akan ada pula penambahan crane untuk mengangkut barang guna menjangkau pulau-pulau terpencil dan terluar di Saumlaki, bakal dilakukan kerja sama dengan pemda agar barang-barang kebutuhan pokok bisa didistribusikan menggunakan kapal rakyat sehingga ada penyamarataan harga.

Tol laut yang melalui Saumlaki diharapkan tidak hanya sebulan sekali melainkan sebulan dua kali sehingga bisa menjangkau semua kebutuhan barang-barang di Saumlaki.

Program tol laut yang digagas Presiden Jokowi merupakan konsep pengangkutan logistik untuk menyambungkan pelabuhan besar di nusantara dan untuk menekan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah Indonesia Timur.


(Humas BNPP dan Sumber lain)



VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal