Responsive image
Selasa, 2019-05-21 , 08:29:09 WIB

Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Kebangkitan Nasional di PLBN WINI

TIMOR TENGAH UTARA – Dalam rangka menyambut HARKITNAS (Hari Kebangkitan Nasional), Keluarga besar Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini mengadakan Upacara Bendera yang dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro selaku Inspektur Upacara.

Upacara bendera Hari Kebangkitan Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 20 mei setiap tahunnya merupakan sarana untuk memupuk cinta tanah air dan kebanggaan sebagai sebuah bangsa, Senin (20/5/2019).

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, 20 Mei 2019, Suhajar membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, Peringatan ini sangat relevan dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

“Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan "amukti palapa". Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara,” dalam sambutan yang dibacakan Suhajar.

Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Telah lebih satu abad bangsa Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. 

Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. 

“Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” lanjut Suhajar.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini disematkan tema "Bangkit Untuk Bersatu". Hal ini berarti bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Sebagaimana diserukan oleh Presiden Joko Widodo pada pidato di Depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 lalu, dari tanah Minang kita diimbau dengan petuah ‘Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang’ . Kita juga diwarisi pepatah Sunda yang berbunyi 'Sacangreud pageuh, sagolek pangkek’. Dari Bumi Anging Mamiri, kita bersama-sama belajar ‘Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata’. Dari Bumi Gora, kita diminta: ‘Bareng bejukung, bareng bebose’. Dari Banua Banjar kita bersama-sama menjunjung ‘Waja sampai kaputing’. Semua menganjurkan bekerja secara gotong-royong.

Akhir kata, Suhajar mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

Kedatangan Suhajar sekaligus melakukan pembinaan dan menghadiri rapat identifikasi permasalahan di PLBN Wini, Kabupaten Timur Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suhajar didampingi Kelompok Ahli Irjen pol (pur) Winarto, Asisten Deputi Lintas Batas Negara, Maddaremmeng serta Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Humas, Indra Purnama.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA