Responsive image
Kamis, 2019-07-04 , 15:31:26 WIB

Warga Perbatasan RI-Malaysia Serahkan 160 Senpi Rakitan Ke Aparat TNI


BALIKPAPAN- Warga Nunukan dan Malinau, Kalimantan Utara, menyerahkan 160 senjata api rakitan kepada Kodam VI Mulawarman yang bertugas mengamankan perbatasan Indonesia-Malaysia.


TNI sebagai anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) telah berhasil merebut hati rakyat yang ada di Nunukan dan Malinau, sehingga warga Nunukan dan Malinau menyerahkan senjata api rakitan tersebut tanpa paksaan.


Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino mengatakan bahwa selama ini warga perbatasan menyimpan senjata api rakitan tersebut untuk tujuan tertentu.


Kapendam menjelaskan kepercayaan masyarakat kepada aparat TNI berawal dari komunikasi dengan berbagai pihak seperti tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh agama di wilayah Kaltara. Ia mengatakan pihaknya melakukan metode komunikasi sosial atau Komsos Dialogis yang berujung pada kesadaran masyarakat perbatasan. 


"Berkat Komunikasi Sosial Dialogis yang berjalan intens selama ini telah berhasil memberikan kesadaran masyarakat Nunukan dan wilayah perbatasan untuk secara sukarela menyerahkan kurang lebih 160 pucuk senjata rakitan," ujarnya pada Kamis (4/7) seperti dikutip dari tribunkaltim.co.


Dari komunikasi yang dijalin oleh aparat TNI dengan warga perbatasan, kini warga perbatasan menyadari bahwa kepemilikan senjata api rakitan secara pribadi adalah tindakan yang menyalahi Undang-undang Darurat RI No. 12 Tahun 1951 tentang larangan memiliki senjata api illegal yang sebagian besar senjata tersebut berupa senjata penabur.


"Sehingga mereka secara ikhlas dan sukarela mau menyerahkan berbagai jenis senjata api rakitan kepada personel Babinsa dan personel Satgas," pungkasnya.


160 senjata api rakitan tersebut terdiri dari 159 pucuk senapan panjang rakitan dan 1 pucuk pistol rakitan. Saat ini sejata api rakitan tersebut berada di Kodim 0907/Tarakan dan dibawah pengawasan Tim Pal Aju Tarakan yang rencananya akan dilaksanakan pemusnahan secara simbolis oleh para pejabat Kodam dan instansi terkait.

 

(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA