Responsive image
Kamis, 2019-09-05 , 11:19:21 WIB

Warga Timor Leste Rasakan Manfaat Pasar Mingguan PLBN Motaain


JAKARTA- Salah seorang warga asal Timor Leste, Maria De Ekarna, merasakan manfaat pasar mingguan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste.


Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung ke pasar PLBN Motaain yang di uji coba Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pada Selasa (3/9) kemarin. Wanita yang berprofesi sebagai perawat ini mengatakan ia datang ke pasar ini usai menyelesaikan tugasnya.


Dengan menenteng belanjaannya, ia menyampaikan di pasar mingguan PLBN Motaain ini masyarakat perbatasan dapat berbelanja menggunakan dua mata uang, yakni rupiah dan dolar.


"Berdekatan dengan perbatasan jadi kita bisa masuk keluar setiap hari Selasa ya. Jadi di sini kita misalnya tidak punya rupiah, kita bisa belanja dengan dolar karena banyak konsumen juga bisa menerima dolar itu yang saya rasakan pada hari ini. Saya bangga sekali karena dekat dengan perbatasan tidak seperti yang dulu," ujarnya seperti dikutip dari video laporan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara, Robert Simbolon, Selasa (3/9).


Maria berharap kedepannya, di PLBN Motaain dapat dibangun minimarket agar masyarakat perbatasan yang berkunjung dapat membeli kebutuhan lain yang tidak di dapat di pasar mingguan.


"Nah jadi apa yang kita perlui karena kita punya rupiah kan kita bisa belanja disini itu. Harapan saya bisa ada minimarketnya, kita bisa belanja apa yang kita perlu disini gitu loh," lanjutnya.


Ia juga berharap pihak terkait dapat memberikan pengumuman agar masyarakat di perbatasan Indonesia-Timor Leste dapat mengetahui adanya pasar mingguan ini. 


Pasar mingguan di PLBN Motaain ini merupakan hasil pembangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota BNPP. Pasar perbatasan termasuk ke dalam program pengembangan PLBN yang dilaksanakan pada 2017, yang juga meliputi pembangunan mess pegawai, Wisma Indonesia, tempat pencucian mobil, x-ray mobile, lapangan olahraga, hingga pos pengaman perbatasan (pamtas) TNI dan Polri.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA