Responsive image
Jumat, 2019-07-19 , 14:00:01 WIB

Wiranto Bertemu Xanana Bahas Batas Negara RI-Timor Leste


JAKARTA-Ketua Pengarah Badan Nasional Pengeloa Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, akan menyelesaikan pembahasan sengketa batas negara antara Indonesia-Timor Leste.


Rencananya Wiranto akan bertemu dengan Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao, bersama dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, untuk mengukuhkan hasil Senior Official Consultation (SOC) pada Senin (22/7).


"Pertemuan saya dengan Xanana lebih tepat disebut pertemuan untuk keputusan politis. Untuk mengukuhkan hasil SOC ke 5 di Bali," ujarnya seperti dikutip dari kompas.com, Jumat (19/7).


SOC sendiri merupakan tim yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia dan Timor Leste untuk membahas perbatasan antar kedua negara yang masih belum tuntas. SOC dipublikasikan setelah menteri Pemerintah Jokowi bertemu dengan Xanana pada Februari 2017 yang lalu.


Dua perbatasan Indonesia-Timor Leste yang dipersengketakan adalah Noel Besi-Citrana yang berada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Bijael Sunan-Oben yang berada di Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara.


Wiranto berharap pertemuan dengan Xanana menjadi akhir dari pembahasan sengketa batas negara antara Indonesia-Timor Leste.


"Saya harapkan pertemuan di tanggal 22 ini merupakan bagian dari finalisasi titik akhir yang cukup panjang," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA