Responsive image
Kamis, 2019-03-21 , 07:01:38 WIB

Wiranto: Gerbangdutas Dapat Menggali Potensi Ekonomi Kawasan Perbatasan

MOROTAI - Menko Polhukam Wiranto selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Desa Daeo, Morotai, Maluku Utara, Selasa (19/3/2019).

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas). Kehadiran Wiranto didampingi Plt Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Bupati Morotai Benny Laos serta para Forkompimda setempat.

Dalam sambutannya, Wiranto mengapresiasi kehadiran SKPT sebagai bagian dari program Gerbangdutas yang dijalankan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memajukan masyarakat di daerah perbatasan. Menurutnya program tersebut dapat memberi kesejahteran bagi masyarakat.

"Saya sangat bergembira karena semua fasilitas penunjang telah dipikirkan, dikolaborasikan antara daerah dan pusat yang telah menghadirkan satu SKPT yang lengkap. Ada produksi es dan ada kapal nelayan," ujarnya.

Wiranto menambahkan program terpadu ini sangat dibutuhkan dalam membangun wilayah perbatasan. Di sisi lain program Gerbangdutas tersebut juga dapat menggali potensi-potensi yang ada di daerah perbatasan.

Hasil kunjungan ini, sambung Wiranto, menjadi oleh-oleh yang akan dibahas dalam rapat antara kementerian dan lembaga dalam membuat program pembangunan daerah perbatasan dan program menggali potensi di kawasan perbatasan negara.

"Nyatanya dengan adanya SKPT ini kita bisa melihat dari hasil tangkapan, nelayan mendapat penghasilan sampai Rp5 juta per hari. Ini membuktikan bahwa masih banyak potensi daerah yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat," tegas Wiranto. 

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA