Responsive image
Selasa, 2019-03-19 , 17:30:44 WIB

Wiranto: Gerbangdutas Mampu Mengatasi Keterisolasian Wilayah Perbatasan

MOROTAI – Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) memiliki pengaruh besar dalam memajukan wilayah perbatasan negara.

Menko Polhukam Wiranto selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menjelaskan dalam catatannya gerakan yang dimulai sejak 2015 ini secara bertahap mampu mengatasi keterisolasian dan ketertinggalan wilayah perbatasan melalui pemenuhan kebutuhan dasar. Antara lain ketersediaan transportasi, energi, listrik, komunikasi, pendidikan, kesehatan, perkembangan perekonomian berbagi sektor produk unggulan hingga penguatan pengamanan dan potensi batas wilayah melalui pembangunan pos lintas batas negara (PLBN). 

“Gerbangdutas ini sangat efektif. Sebab keterpaduan dalam gerakan ini membuat bagaimana setiap kementerian pada saat membangun perbatasan terpadu, terarah, terencana dan hasilnya dapat diraskaan oleh masyarakat pinggiran maupun kepentingan nasional,” ujarnya saat pencanangan Gerbangdutas 2019 di Morotai, Maluku Utara, Senin (18/3/2019).

Wiranto menambahkan pembangunan perbatasan merupakan aplikasi dari Nawacita ke-3 Presiden Joko Widodo dan wujud nyata kehadiran negara. Presiden, sambung Wiranto, juga menginginkan agar kondisi masyarakat di wilayah perbatasan dapat sejajar dengan pusat. Salah satu contoh yang telah dilakukan yakni menyamakan harga bahan bakar minyak di Papua dengan pulau Jawa. 

“Saya merasa sekarang mendapatkan kesempatan melihat temen-temen perbatasan bisa tertawa bahagia. Dulu agak kecut sekarang bahagia. Tentu Nawacita ketiga sekarang sudah berlangsung,” ujar Wiranto.

Di sisi lain pembangunan wilayah perbatasan juga berpengaruh terhadap ancaman yang kian berkembang. Sekarang ini, kata Wiranto, ancaman terhadap negara bukan dari militer namun bersifat multidimensional seperti, perdagangan manusia, narkoba, terorisme, hingga pencurian ikan. Untuk itulah pembangunan wilayah perbatasan mempunyai berbagai macam tujuan dan manfaat bagi kepentingan masyarakat maupun kepentingan nasional.

“Ini semua masih butuh sinergi diantara kita, sinergi pusat dengan daerah, sinergi antar kementerian dan lembaga. Gerbangdutas ini tidak bisa dikerjakan tanpa koordinasi yang baik,” pungkas Wiranto.

  (Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA