Menu
RSS

Perkembangan Pembangunan Pos Lintas Batas Negara RI-Timor Leste di Motaain

Batasnegeri.com – Melihat Pos Batas Negara Timor Leste yang menjadi pemisah antara NKRI dan negara yang dilepas pasca referendum tahun 1999 tersebut. Kondisi PLBN Motaain yang kini jauh lebih besar, megah dan indah seketika mempertebal rasa optimisme dan memicu semangat cinta tanah air.

 

Tentu, ini menjadi kebanggaan masyarakat, khususnya kepada penduduk setempat di sekitar perbatasan. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan PLBN ini langsung pada tanggal 12 Desember nanti.

Bangunan utama ini akan menjadi pusat pelayanan keimigrasian terpadu. Model bangunan utama ini dirancang dengan kombinasi arsitektur tradisional dan modern yang terlihat padu. Atapnya berbentuk kubah seperti bentuk atap rumah adat NTT, Mbaru Niang. Seluruh pelayanan akan dilakukan di satu gedung yang sama dan dilakukan dengan alur yang lebih teratur dengan cukup melakukan satu kali pelaporan.

PLBN Motaain berdiri di atas lahan seluas 8,03 ha dengan luas bangunan mencapai 8,554,12 meter persegi yang berupa bangunan dua lantai. Bangunan-bangunan ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 82 miliar. Ada bangunan Gerbang Tasbara dan pos jaga, karantina, pemeriksaan imigrasi, bea cukai, hingga pasar rakyat khusus perbatasan Motaain dan fasilitas pendukung lainnya. Jika semua fasilitas pendukung sudah rampung 100% maka wajah PLBN Motaain ini tidak sama lagi seperti dulu yang terlihat kontras dengan PLBN milik Timor Leste.[*]

 

Sumber : http://www.batasnegeri.com

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 28 November 2016 11:39
Info for bonus Review William Hill here.