Menu
RSS
Jumat, 18 Agustus 2017 08:49

Upacara HUT RI di Perbatasan RI-Timor Leste Berlangsung Hikmat Utama

Ditulis oleh 
Berikan rating
(0 votes)

Atambua - Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia juga digelar di perbatasan RI-Timor Leste. Upacara yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Negara, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, itu berlangsung hikmat.

 

Upacara digelar di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar pukul 07.15 WITA, Kamis (17/8/2017). Bertindak sebagai inspektur upacara Direktur Regional PLN Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Djoko R Abumanan. Sementara pemimpin upacara adalah Richard Safkaur, General Manager PLN NTT.

Upacara peringatan HUT RI ke-72 di PLBN Mota'ain dihadiri komisaris PLN Jenderal Purnawirawan Budiman, Aloysius Kiik Ro, dan Ilya Avianti. Sedangkan dari jajaran direksi PLN hadir Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, Direktur Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin, Direktur Regional Kalimantan Machnizon Masri, Direktur Regional Sulawesi Syamsul Huda.

Hadir pula Dandim setempat, Lekol Moh. Nurdin, pegawai PLN pusat dan NTT, serta perwakilan masyarakat NTT. Seluruh rangkaian upacara mulai dari pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks proklamasi, pengheningan cipta hingga acara hiburan berjalan tanpa kendala apapun.

Djoko saat membacakan sambutan Direktur Utama PLN Sofyan Basir menuturkan, hari ini 72 tahun yang lalu, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Momen paling bersejarah lahirnya sebuah bangsa setelah akumulasi perjuangan tidak mengenal lelah dan penuh pengorbanan para pahlawan dan syuhada.

"Perjuangan para pahlawan harus selalu disampaikan ke setiap generasi, agar kita semua dan generasi selanjutnya selalu mengucapkan syukur dan terima kasih atas nikmat kemerdekaan yang dirasakan," kata Sofyan.

Ia melanjutkan, tema peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 adalah "Indonesia Kerja Bersama". Kerja Bersama adalah representasi semangat gotong royong, sebuah akar dari kebudayaan masyarakat Indonesia dan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur.

"Setelah kemerdekaan diraih, tugas kita sebagai bangsa adalah mencapai cita-cita bangsa Indonesia yaitu mewujudkan negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Tanpa kerja bersama semua komponen anak bangsa, cita-cita tersebut akan sulit untuk diwujudkan. Kerja bersama, gotong-royong dan tolong menolong dalam kebaikan harus menjadi nilai-nilai dalam upaya memajukan bangsa, termasuk dalam upaya memajukan pembangunan kelistrikan nasional," lanjutnya.

Kepada para pegawai PLN, Sofyan mengingatkan peran PLN sangat penting dalam upaya memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Listrik adalah salah satu pendorong perekonomian. Keberadaan listrik di suatu daerah akan membawa dampak bagi kemajuan daerah tersebut. Berbagai kegiatan akan tumbuh, industri kecil, menengah bahkan besar akan muncul dan memberikan lapangan pekerjaan.

"Ketersediaan energi listrik akan menciptakan iklim investasi yang kondusif serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selesai upacara, Djoko mengatakan, upacara PLN di daerah perbatasan RI-Timur Leste merupakan bagian dari agenda BUMN untuk menyemarakkan HUT RI di daerah perbatasan dan pulau terluar yang merupakan simbol kedaulatan RI. Sekaligus kegiatan ini untuk menghidupkan pos perbatasan setelah infrastrukturnya dibangun secara masif selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. "Jadi jangan hanya infrastuktur, harus kita isi dengan kegiatan," katanya.

Dalam upacara tersebut, PLN juga menyerahkan bantuan renovasi gedung kepadan SMA Katholik Suria Tambua. Juga penyerahan bantuan bedah rumah kepada para veteran. PLN juga masih punya acara lain yaitu pasar rakyat, konser musik, dan gerak jalan sebagai rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Atambua (irw/mkj)

 

Sumber :

 

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3603280/upacara-hut-ri-di-perbatasan-ri-timor-leste-berlangsung-hikmat?_ga=2.174160230.571585627.1502951285-830739540.1491377029

 

dibaca 304 kali
Info for bonus Review William Hill here.