Menu
RSS

Keren! Ada 'Kampung Jokowi' di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Utama

KUPANG - Warga Desa Silawan,  Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu yang menghuni rumah bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut kampung yang baru itu dengan nama 'Kampung Jokowi'.

 

"Penamaan Kampung Jokowi itu sebagai ungkapan terima kasih kami warga batas negara kepada Pak Presiden yang sudah memberikan bantuan itu kepada kami masyarakat miskin ini," kata Kepala Desa Silawan, Ferdinandus Bili Mones kepada Okezone, Senin (21/8/2017).

Menurut dia, 'Kampung Jokowi' itu dibangun dengan anggaran APBN di lahan seluas sekira 3 hektare milik Pemerintah Kabupaten Belu. Dalam kampung itu dibangun 100 unit rumah dengan tipe 4 × 6 meter.

"Sangat representatif bagi warga miskin yang ada di batas negara itu," sambungnya.

Sejak 100 kepala keluarga masuk di rumah bantuan itu pada Mei 2017 silam, sejumlah sarana pendukung seperti jalan sudah tersedia. Untuk listrik baru bisa menjangkau 10 rumah. Selebihnya terpaksa harus memibta aliran dari rumah yang sudah terpasang.

Dia mengaku secara kelembagaan Pemerintah Desa Silawan telah mempertanyakan hal itu ke PLN namun hingga saat ini belum ada realisasi. "Warga hanya bisa menanti janji PLN untuk memasang listriknya," terang Ferdinandus.

Hal sama juga berkaitan dengan fasilitas air. Memang pemerintah melalui Balai Sungai Wilayah (BSW) pernah membangun sebuah sumur bor di lokasi itu namun hingga kini belum berfungsi.

"Kami tidak tahu kenapa. Sampai saat ini belum ada penyambungan jaringannya," paparnya.

Guna mengatasi hal itu, warga terpaksa memanfaatkan sumber air baku yang ada di kampung lama yang jaraknya 500 meter jauhnya. "Kalau tidak demikian warga tidak akan bisa nikmati air," tandasnya. (sym)

(aky)

Sumber :

 

https://news.okezone.com/read/2017/08/21/340/1759760/keren-ada-kampung-jokowi-di-perbatasan-indonesia-timor-leste

 

     

 

 

Terakhir dimodifikasi padaRabu, 23 Agustus 2017 12:45
Info for bonus Review William Hill here.