Menu
RSS

Jadi Pilot Project e-Arsip, BNPP Siap Mereform Pelayanan Berbasis Digital Utama

Jadi Pilot Project e-Arsip, BNPP Siap Mereform Pelayanan Berbasis Digital

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Biro Keuangan, Umum dan Humas (KUH) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Komaedi, menyampaikan rasa syukur atas terpilihnya BNPP sebagai salah satu lembaga/badan yang dijadikan pilot project oleh Arsip Nasional terkait kearsipan.

 

Hal ini dikatakan saat memberikan sambutan di Rapat Fasilitasi Dukungan Ketatausahaan dan Pengelolaan Kearsipan TA 2017, di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

"Terima kasih BNPP dijadikan pilot project e-arsip . Sarana prasarana sudah disiapkan, personil dan regulasi juga sudah disiapkan," kata KaBiro.

Dijelaskan, seiring perkembangan jaman, BNPP turut mengikuti kemajuan teknologi, dalam hal ini sistem informasi digital. Dengan demikian pihaknya sudah mempersiapkan diri dalam bentuk 4 Peraturan Kepala (Perka) BNPP yang sedang dibahas, dan diharapkan  dalam waktu dekat bisa segera disahkan.

Kebutuhan ketatausahaan dan pengelolaan kearsipan di era digital dirasa penting agar tidak tertinggal dan menunjang kinerja melalui perkembangan yang ada dalam dunia informasi.

Dicontohkan, sejumlah departemen store ternama sudah 'gulung tikar' karena mengalami kerugian. Kerugian yang dialami pun karena faktor jual beli yang saat ini sudah dibanjiri dengan toko online di dunia digital (internet). Tak jauh berbeda, sistem pembayaran tarif tol pun kini sudah tidak lagi menggunakan uang cash dan diharuskan menggunakan e-toll.

 

Melihat realita yang terjadi di lapangan, untuk mewujudkan jadi beranda terdepan, BNPP berupaya untuk mereform layanan tata usaha dan pengelolaan kearsipan melalui regulasi dan sumber daya manusia yang mumpuni. 

"Surat menyurat sampai saat ini masih menggunakan kertas (papper), tapi dengan perkembangan digital nantinya tak perlu lagi. Ini yang kita naikan termasuk 4 (empat) regulasi tadi. Ini agar tak ketinggalan dengan perkembangan jaman," ucap KaBiro.

Hadir dalam acara ini, Kepala Bagian Umum dan Pengelolaan Aset, Budi Setyono selaku Ketua Panitia, Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Pimpinan Andri Indrawan, sejumlah narasumber dan segenap pegawai Humas, TU, Kepegawaian Umum dan Hukum, serta pengelola kearsipan di Kementerian Dalam Negeri (Humas BNPP)

 

Info for bonus Review William Hill here.