Menu
RSS

Renaksi Optimalkan Pembangunan Perbatasan Utama

Renaksi Optimalkan Pembangunan Perbatasan

Rencana aksi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dalam membangun kebutuhan prasarana transportasi di Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) pada tahun 2019 tertuju pada beberapa kebutuhan, yaitu 23 unit pelabuhan, 23 unit bandara, 8 unit terminal tipe A dan 12 unit moda transportasi laut. 

 

 Kementerian perhubungan yang merupakan salah satu Kementerian/Lembaga (K/L) yang berkooordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memaparkan progres pembangunan di wilayah perbatasan.

 Pembangunan mulai dari pelabuhan, kapal penyeberangan, hingga angkutan jalan dilakukan di sejumlah lokasi tertentu.

 Pembangunan sejumlah pelabuhan diketahui beberapa diantaranya telah rampung di tahun 2016, 2017 dan sisanya di 2018. Pembangunan Pelabuhan yang telah rampung diantaranya Pelabuhan Natuna dan Bintan di Kepulauan Riau. Sementara, yang selesai dibangun tahun ini diantaranya Pelabuhan Penyeberangan Jangkang II di Sanggau (Kalimantan Barat) Pelabuhan Penyeberangan Sintete di Sambas (Kalimantan Barat) dan Pelabuhan Penyeberangan Matak (Kepulauan Riau).

 "Untuk pelabuhan yang masih dalam proses dan direncanakan selesai pada 2018, diantaranya Pelabuhan Penyeberangan Pure di Muna (Sulawesi Tenggara), Pelabuhan Penyeberangan Mangas di Kepulauan Talaud (Sulawesi Utara) dan Pelabuhan Penyeberangan Amahal di Maluku Tengah (Maluku)," kata Kabag ren biro Perencanaan Kementerian perhubungan, Ahmadi ZB, saat rakor pelaksanaan pembangunan tahun 2018 dan rencana anggaran pembangunan perbatasan 2019 yang terfokus pada pengelolaan infrastruktur fisik kawasan perbatasan, di Jakarta, Selasa (21/11). 

 Dilanjutkan kemudian dengan pembangunan kapal penyeberangan. Di sejumlah lokasi pembangunan sudah selesai di 2016 lalu, diantaranya 750 GT Lintas Kupang-P Ndao (NTT), 500 GT Lintas Babang-Saketa (Maluku Utara) dan 200 GT Kabupaten Mimika (Papua).

 Pembangunan yang direncanakan selesai di 2018 diketahui diantaranya di 200 GT Kabupaten Asmat dan Nduga (Papua) dan 300GT Danau Toba (Sumatera Utara).

 Tak hanya itu, untuk 2016-2018 ada pula layanan subsidi angkutan jalan dan angkutan penyeberangan di sejumlah wilayah. Dari 47 Provinsi, terdapat sejumlah trayek dan penyeberangan yang sudah direalisasi pada 2016-2017, yang terdiri dari total 245 jalan dan 217 penyeberangan di 2016. Dan, 291 jalan serta 223 penyeberangan di tahun 2017.

 "Sejumlah jalan dan penyeberangan yang direncanakan rampung di 2018 sebanyak 291 jalan dan 223 penyeberangan," ucap dia.

 Pihak Kemenhub juga membuat sejumlah program infrastruktur di daerah perbatasan. Sebanyak 13 Provinsi melaksanakan program dengan kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah tersebut. Diantaranya, fasilitas pelabuhan Teluk Dalam di Nias Selatan (Sumatera Utara), fasilitas pelabuhan Tenau Kupang di Kupang (NTT), pembangunan fasilitas pelabuhan Laut Sorong di Sorong (Papua Barat).

 Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Siswa Rachmat Mokodongan menyebut sejumlah catatan membuat tidak semua target bisa dikerjakan secara keseluruhan. Salah satunya, karena keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehingga BNPP menekankan perlunya penajaman prioritas pembangunan di perbatasan.

 "Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2015, Pasal 361 mengamanatkan Pemerintah Pusat wajib membangun sarpras di Kawasan Perbatasan sehingga daerah menuntut anggaran dari pemerintah pusat," ucap dia. 

 Kendala lain menyangkut kebijakan yang belum sama dengan kementerian lain dalam memahami kewenangan pembangunan di Kecamatan Lokpri, serta kurangnya dukungan dan kesiapan teknis dalam pembangunan infrastruktur. 

 Deputi III ini mengungkapkan, target pembangunan di perbatasan merupakan bagian dari arah kebijakan dan strategi pengelolaan perbatasan sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019. Yakni, mewujudkan halaman depan negara sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga. 

Terakhir dimodifikasi padaJumat, 24 November 2017 17:04
Info for bonus Review William Hill here.