Menu
RSS

Gandeng 'Mami Ayu', BNPP Angkat Produk Unggulan Masyarakat Perbatasan Utama

Gandeng 'Mami Ayu', BNPP Angkat Produk Unggulan Masyarakat Perbatasan

Pameran Korp Pegawai Republik Indonesia Expo 2017 yang digelar selama empat hari sejak hari ini, Minggu (26/11), tak hanya menampilkan produk atau program unggulan dari Kementerian/Lembaga, BUMN dan BUMD. Namun juga, memberikan ruang bagi masyarakat yang ada di daerah untuk memamerkan produk unggulan mereka.

 

Hal ini terlihat dari stand pameran 'Mami Ayu' yang menjual sejumlah produk karya warga di Entikong, Kalimantan Barat. Produk unggulan yang ditawarkan ini mulai dari kopi lada hitam, bubuk lada hitam hingga kripik pisang, yang rasanya dipastikan membuat lidah ketagihan.

Menurut Ayu, peserta pameran yang juga warga Entikong, pihaknya hadir di pameran ini selaku kelompok binaan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Mereka diberi kesempatan untuk menunjukkan potensi yang dimiliki ke masyarakat luas.

"BNPP melakukan pembinaan terhadap potensi yang ada di Entikong. Mengangkat produk unggulan di perbatasan," kata Ayu, di Pameran Korpri Expo 2017, di Jakarta, Minggu (26/11).

 Dijelaskan Ayu, dengan perhatian yang diberikan, warga perbatasan merasa memiliki harapan untuk bisa menjual produk usahanya lebih luas, selain di Entikong. Masyarakat pun disebut lebih semangat dalam mengolah hasil pertanian seiring perkembangan dan capaian yang didapat.

 "Terima kasih BNPP sudah peduli. Semoga kedepannya UMKM lebih maju dan disuport penuh," ucapnya.

Dia mengakui, selain di Entikong, pihaknya sudah mengikuti berbagai pameran di sejumlah tempat, diantaranya Kuching (Malaysia), Batam, Pontianak dan Jakarta.

Dalam menjalankan usahanya, kelompok binaan dari Entikong ini juga melakukan pemanfaatan dan pengolahan sampah di perbatasan serta membuat kerajinan dari kulit kayu.

Untuk diketahui, pembinaan terhadap kelompok masyarakat perbatasan merupakan bagian dari tugas pokok BNPP dalam mengelola wilayah perbatasan. Hal ini terkandung di dalam salah satu poin misi BNPP yaitu meningkatkan pengelolaan sumber daya alam darat dan laut secara berimbang dan berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat, pendapatan daerah, dan pendapatan negara.

Info for bonus Review William Hill here.