Menu
RSS

Diwarnai Penampilan Rebana, Damai Sejahtera Sertai Perayaan Natal Kemendagri-BNPP Utama

Perayaan Natal Kemendagri-BNPP  di gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/1) Perayaan Natal Kemendagri-BNPP di gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/1)

BNPP - Anggota KORPRI Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)-Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) penganut agama kristiani beserta keluarga mengikuti ibadah dan perayaan Natal 2017 di gedung Sasana Bakti Praja, kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/1).

Acara perayaan Natal bertema 'Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu' diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta I Nyoman Agus dan Pastor Guido Suprapto. Kemudian dilanjutkan dengan Perayaan Natal yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Plt. Sekjen Kemendagri/Ses BNPP Hadi Prabowo, pejabat eselon I dan II, staf khusus menteri, Kelompok Ahli BNPP,  anggota KORPRI kristiani Kemendagri-BNPP serta Sekda NTT (mewakili gubernur) Bupati Malaka dan Bupati Belu.

Pada kesempatan ini, Mendagri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat atas suksesnya penyelenggaraan acara Natal di lingkungan Kemendagri-BNPP. Menurutnya, tema Natal 'Damai Sejahtera' memiliki arti tersendiri, yaitu ketulusan yang muncul dari hati sebagai manusia beriman, manusia-manusia  yang saling menghormati.

"Apalagi Warga Negara Indonesia yang punya nilai Pancasila dimana ketuhanan Yang Maha Esa jadi sila pertama. Diharapkan seluruh WNI punya keimanan yang dia yakini sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan yang ada," kata Tjahjo.

Rasa damai sejahtera, lanjutnya, bisa dipisahkan dengan dua kalimat damai sendiri dan sejahtera sendiri, namun bisa juga dirangkum menjadi satu damai sejahtera. Dengan kedamaian akan terwujud kesejahteraan dimanapun kita berada, dan hal itu harus muncul dari dalam hati.

Sebagai staf Kemendagri-BNPP, kata dia, harus menumbuhkan rasa saling menghargai tanpa melihat agama dan suku apa. Dirinya merasa sedih dikala tak ditumbuhkannya rasa toleransi satu sama lain. Untuk membangun bangsa yang besar harus saling bergotong royong, rasa iklas untuk saling membangun bersama.

"Ini yang ingin saya tumbuhkan, khususnya di Kemendagri dan BNPP. Pemerintah itu utuh, bekerja, bertugas tanpa lihat dimana ditugaskan, bergotong royong, berpartner dengan siapapun tanpa melihat agama, suku, agama, golongan. Selama saya jadi menteri keliling ke beberapa gereja. Pemerintah menjamin WNI harus aman dan tenang jalankan ibadah sesuai kepercayaan masing -masing," 

"Kita wajib mensyukuri, menghormati enam agama yang ada (yang diakui UU di Indonesia). Yang penting kita punya prinsip jalankan ajaran agama kita dengan baik. kita tak ragu tolak ateis, komunis, termasuk menolak ajaran yang menyusup di kegiatan yang bertentangan dengan nilai Pancasila," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Perayaan Natal Kemendagri-BNPP Robert Simbolon menyebut bahwa maksud dan tujuan acara natal ini adalah untuk memelihara semangat keagamaan diantara anggota Korpri yang beragama kristiani di Kemendagri-BNPP.

"Dengan tujuan terbangunnya ikatan persaudaraan serta semangat persatuan dan kesatuan  antar umat beragama di lingkungan Kemendagri-BNPP," kata dia.

Selain itu, perayaan Natal sebagai ucapan syukur atas kelahiran Yesus Kristus, sekaligus momentum kebersamaan dalam ikatan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama di bawah bimbingan Mendagri sekaligus Kepala BNPP. 

"Dalam kaitan ini saya laporkan, malam ini secara istimewa kita saksikan kehadiran kelompok musik rebana dari Rojilul Ansor Jakarta Timur. Persembahan yang kita nikmati tadi berupa 2 lagu bernuansa Islam dengan pesan ukuwah wathoniah (persaudaraan kebangsaan). Kehadiran mereka merupakan bukti bahwa dialog antar umat beragama bukan hanya pada level wacana dan di ruang-ruang tertutup, tapi harus terjadi dalam kehidupan nyata. "Hidup ukuwah wathoniah, persaudaraan kebangsaan, Indonesia," ucap Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, BNPP, ini.

Perayaan Natal dimeriahkan oleh kelompok paduan suara anak Heavenly Voice, paduan suara Putra Altar Gereja Santa Yohannes Maria Yanney Cilangkap, paduan suara Praja IPDN, musik rebana dari Rojilul Ansor Jakarta Timur, dan pemenang salah satu kontes menyanyi di stasiun televisi swasta, Vanda Hutagalung.

Tak hanya hiburan, panitia Natal juga memberi perhatian dan bela rasa bagi saudara yang membutuhkan melalui ungkapan tali kasih. Ungkapan berupa sumbangan dana kepada pensiunan Kemendagri-BNPP sebanyak 5 orang, petugas kebersihan Kemendagri-BNPP 6 orang, serta kelompok masyarakat di kawasan perbatasan di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSabtu, 13 Januari 2018 18:18
Info for bonus Review William Hill here.