Menu
RSS

Wagub Kaltara: Pembangunan Sarpras Kewilayahan Perbatasan Terus Digenjot di Tahun 2018 Utama

RSUD Kota Tarakan (dok Pemprop Kaltara) RSUD Kota Tarakan (dok Pemprop Kaltara)

BNPP - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Udin Hianggio mewakili Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun Anggaran 2017 dan Penajaman Program Prioritas Tahun Anggaran 2018 yang digelar Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Jakarta, Rabu (17/01/2018).

Rakor dibuka Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dan mengangkat tema 'Melalui Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2017, Kita Tingkatkan Percepatan Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2018 Dalam Rangka Mewujudkan Nawacita ke-3'. 

Pemprop Kaltara, memberikan perhatian lebih terhadap Rakor kali ini karena berkaitan langsung dengan program percepatan dlaam pengelolaan kawasan perbatasan di Kaltara. Baik pada penyelesaian dan penegasan batas wilayah negara, baik darat, laut dan udara sepanjang tahun ini. 

Rencana program yang menjadi titik fokus BNPP tahun ini, yakni pada beberapa penanganan masalah dan isu strategis di perbatasan. Selain itu juga menyangkut pembangunan sarana dan prasarana sosial dasar yang mencakup sektor pendidikan, kesehatan dan perumahan. 

"Pada 2018, pembangunan sarana dan prasarana kewilayahan pun terus digenjot. Meliputi, pembangunan infrastruktur jalan, transportasi, elektrifikasi dan komunikasi. Juga, pembangunan sarana dan prasarana pendukung strategis seperti pengelolaan batas wilayah negara, pengamanan wilayah, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT)," kata Wagub.

Pada rakor kali ini, dipaparkan realisasi program pembangunan batas wilayah negara TA 2017 oleh pihak Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan paparan realisasi program pendidikan di kawasan perbatasan TA 2017 beserta program prioritas TA 2018 oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Kemudian paparan realisasi program pembangunan bidang perekonomian di kawasan perbatasan TA 2017 dan program prioritas TA 2018 oleh pihak Kementerian Perdagangan serta paparan realisasi program pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan TA 2017 dan program prioritas TA 2018 oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Selain itu dipaparkan pula realisasi program pembangunan kelautan dan perikanan di kawasan perbatasan TA 2017 dan program prioritas TA 2018 oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan.(Humas BNPP)

 

Info for bonus Review William Hill here.