Menu
RSS

Berbatasan Dengan 4 Negara, Ada 2.042 Pulau Belum Berpenghuni di Kepri Utama

Mendagri/Kepala BNPP Tjahjo Kumolo Mendagri/Kepala BNPP Tjahjo Kumolo

BNPP - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu daerah yang masuk dalam kawasan perbatasan laut. posisi dan potensi sumber daya alam (SDA) strategis yang terkandung didalamnya, menjadikan Kepri masuk dalam salah satu wilayah yang diberi perhatian khusus.

 

Hal ini sebagai tindaklanjut dari program Nawacita (ke-3) Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Sehingga, diharapkan terwujud perbatasan negara yang menjadi beranda depan NKRI.

"Provinsi kepulauan yang memiliki penduduk lebih dari dua juta jiwa ini berbatasan langsung dengan empat negara, yaitu Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand. Terdapat juga 366 pulau yang telah berpenghuni dan 2.042 pulau belum berpenghuni serta 52 buah pulau terdepan (batas negara dan batas provinsi)," kata Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

BNPP mencatat, terdapat 36 lokasi prioritas (lokpri) di lima kabupaten/kota karena termasuk diantara kategori (difungsikan sebagai PKSN, lokasi pulau kecil terluar, dan masuk dalam exit-entry point).

Beberapa lokpri di lima kabupaten/kota itu diantaranya Batam Kota, Lubuk Raja, Nongsa (Batam), Bintan Pesisir, Teluk Sebong, Gunung Kijang (Bintan), Bunguran Barat, Midai, Pulau Laut (Natuna), Palmatak,  Siantan, Jemaja (Kep Anambas), Tebing, Buru, Kundur (Karimun). Sementara, terdapat juga sejumlah titik lokasi yang dijadikan sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), yaitu Batam, Natuna dan Kepulauan Anambas.

"Selain pertimbangan tadi, Kepulauan Riau juga memiliki sejumlah potensi alam seperti Pariwisata Bahari di Kluster Pulau Jemaja, Kluster Pulau Penjalin, Kluster Pulau Temuruk dan Kluster Pulau Bawah, yang keempatnya mengangkat pesona wisata pantai. Kemudian juga perikanan (kerapu dan napoleon) di Pulau Sedanau, Kec Bunguran Barat dan rumput laut di Kec Pulau Tiga," kata dia.

Kementerian dan lembaga terkait dibawah koordinasi BNPP sudah melakukan sejumlah realisasi program untuk memajukan serta menyejahterakan warga di Kepuauan Riau. Pelabuhan perikanan dan dermaga di Selat Lampa menjadi salah satu kontribusi nyata yang ada di sana.

Direncanakan juga pembangunan bandara komersial, pelabuhan hingga kebutuhan air bersih di Pulau jemanja. Lalu pembangunan bandara khusus, pelabuhan, jaringan telekomunikasi hingga air bersih juga akan direalisasikan di Tarempa dan Pulau Siantan. 

 

 

(Humas BNPP)

 

 

Terakhir dimodifikasi padaSelasa, 06 Februari 2018 21:43
Info for bonus Review William Hill here.