Menu
RSS

Disebut Kuasai Teritorial, Pjs Gubernur Papua Akan Rangkul Semua Elemen Utama

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) dan Pjs Gubernur Papua Soedarmo (kanan) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) dan Pjs Gubernur Papua Soedarmo (kanan)

BNPP - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa selain radikalisme dan terorisme, narkoba menjadi salah satu tantangan yang harus diatasi oleh pemerintah daerah, khususnya yang berada di wilayah perbatasan.

 

"Saya pada saat berkunjung ke Skouw (Papua) ada rumah yang dibakar, tempat menyimpan narkoba. (wilayah) Perbatasan adalah pintu masuk narkoba,senjata, yang harus dicermati dengan baik," kata Tjahjo saat memberi sambutan dalam acara Pelantikan Sekjen Kemendagri, Pengukuhan Pjs Gubernur Papua, Penyerahan SK Plt Sekretaris BNPP dan SahMen, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (26/2).

Dirinya meyakini bahwa Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Papua Soedarmo, yang pengalaman dalam penguasaan teritorial, dapat dengan mudah melakukan koordinasi dengan seluruh tingkatan yang ada di Papua.

"Membangun sinergi, konektivitas, supaya mempercepat proses pembangunan yang ada, termasuk di perbatasan," katanya.

Menjawab tantangan itu, Pjs Gubernur Papua Soedarmo mengaku siap untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama persoalan masuknya narkoba di 'jalur-jalur tikus' di wilayah perbatasan Papua. Dia sepakat bahwa narkoba merupakan musuh masyarakat yang harus diberantas keberadaannya.

"Masalah narkoba tidak bisa dilaksanakan sendiri,  komunikasi dengan pemda, baik kabupaten/kota bahkan provinsi, terutama jalur-jalur tikus yang ada di wilayahnya itu sendiri. Koordinasi penting, juga dengan pihak keamanan," tutur Soedarmo.

Terkait pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan di Papua, purnawirawan TNI ini akan mempelajari terlebih dahulu apa saja yang sudah dibangun dan sedang berjalan, kemudian merangkul seluruh elemen yang ada disana, seperti DPRD, Majelis Rakyat Papua (MRP), TNI/Polri hingga tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Saya kan masih konsolidasi dan saya akan pelajari bagaimana infrastruktur yang sekarang sudah berjalan. Koordinasi tetap berjalan. Ikut perintah Mendagri koordinasi, komunikasi dengan pihak terkait," ujarnya.

Untuk diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo mengukuhkan Soedarmo sebagai Pjs Gubernur Papua menggantikan sementara Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal yang cuti masa kampanye Pilkada serentak 2018. 

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSelasa, 27 Februari 2018 11:20
Info for bonus Review William Hill here.