Menu
RSS

Wujudkan Perbatasan Sebagai Beranda Negara, Polri: Mari Sama-sama Jaga NKRI Utama

Wujudkan Perbatasan Sebagai Beranda Negara, Polri: Mari Sama-sama Jaga NKRI

BNPP - Karo Jianstra SSDM Polri Brigjen Pol Wahyu Widada mengatakan bahwa diperlukan kerjasama yang solid dari  semua pihak terkait dalam memberantas kejahatan yang ada di wilayah perbatasan negara.

 

Pihak kepolisian, dalam paparannya, berkontribusi mengamankan wilayah perbatasan dengan meningkatkan pengamanan perbatasan melalui gelar personel dan pembangunan pos-pos pengamanan di perbatasan. Selain itu, mengidentifikasi serta menyusun kebutuhan personel, sarana prasarana beserta anggarannya dan SOP.

Kemudian meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) serta sejumlah kementerian/ lembaga terkait.

Polri menemukan 10 jenis tindak kejahatan yang terjadi di perbatasan. Beberapa diantaranya kejahatan narkoba, perdagangan manusia, penyelundupan senjata api, terorisme dan kejahatan transnasional.

"Nggak bisa kita kerja sendiri, pekerjaan kita selesaikan bersama . Kalau kita terkotak-kotak penjahatnya nggak bisa diberantas, jadi bumerang buat kita dan peluang buat mereka (penjahat) melakukan tindakan kriminal," kata Wahyu saat pembahasan program kegiatan bersama dengan BNPP, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/3).

Pihaknya juga mengemukakan sejumlah hambatan dalam menjalankan fungsi pengamanan, yaitu terkait perundang-undangan serta sumber daya manusia (SDM) yang kurang profesional sehingga dibutuhkan diklat khusus bagi personel yang ada di perbatasan. 

"Bukan hanya bagaimana melakukan pengamanan tapi juga (personel) memiliki kualitas, yang artinya bisa membangun. Dimana mereka juga punya kemampuan mengajak masyarakat membangun capaian kesejahteraan," 

"Mari kita bersama-sama dalam rangka menjaga NKRI, namanya wilayah perbatasan sebagai beranda, berarti kalau di depan harus bagus, jangan sampe keliatan depannya jelek. Oleh karena itu, bagaimana kita membangun wilayah perbatasan ini secara bersama sama dengan  baik," tambahnya. (Humas BNPP)

 

Info for bonus Review William Hill here.