Menu
RSS

Miliki Potensi Wisata, Pulau Sepatang Perlu Perhatian Pemda Hingga Pemerintah Pusat Utama

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat Moh Taufiq Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat Moh Taufiq

BNPP - Pulau Gili Sepatang yang terletak di Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) merupakan salah satu pulau kecil yang dinilai memiliki potensi wisata dan kelautan, perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah (pemda) hingga pemerintah pusat (pempus).

 

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat Moh Taufiq dalam Rakor Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar, di Jakarta, Selasa (3/4). Menurutnya, pemerintah pusat bersama pemda setempat harus segera memberi perhatian terhadap Pulau Sepatang yang sebelumnya bernama Pulau 'Sophialouisa'.

"Beberapa investor mengincar daratan. Daratannya itu cukup indah, apalagi nanti nyambung dengan perbatasan Kabupaten Lombok Tengah. Itu jg jadi lambung, daerah wisata yang sangat indah. Ini kira-kira kondisi Pulau Sepatang, luasnya 300m2, orang juga tidak ada (tidak ada penduduk) tapi jangan diabaikan, kadang yang luasnya sedikit sudah ada sertifikat karena potensi pengembangan wisata dan kelautan disini besar," kata dia.

Dia berkisah, pada tahun 2001 silam ada perusahaan asing yang ingin membeli 13 pulau kecil di Lombok Barat, namun hal itu tidak kesampaian karena pertimbangan satu dan lain hal. Bahkan hingga kini pun banyak orang yang mengaku investor ingin membeli pulau-pulau kecil disana.

"Dekat Sepatang nelayan ada 400 orang didaratannya. Untuk pariwisata boleh, nelayan juga boleh, nanti lah kita diskusikan apa yang tepat dibuat disitu supaya ini betul-betul ada perlakuan diberikan oleh pempus, pemprov maupun pemkab," 

"Kami usulkan seperti tadi, infrastruktur yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti pulau kecil lain yang ada penduduknya. Dari pemprov NTB sudah keluarkan perda wilayah pesisir dan PPK. NTB sudah masukan itu dalam pengembangan wilayah pesisir dan PPK," tambahnya.

Pulau Sepatang merupakan salah satu dari sekian pulau kecil terluar yang ada di Nusa Tenggara Barat. Posisinya berada di Samudra Hindia dan berbatasan langsung dengan Australia. (Humas BNPP)

 

 

Terakhir dimodifikasi padaSelasa, 03 April 2018 20:14
Info for bonus Review William Hill here.