Menu
RSS

Turun ke Perbatasan, UKK FKUI Beri Pelatihan di Desa Temajuk Utama

Turun ke Perbatasan, UKK FKUI Beri Pelatihan di Desa Temajuk

BNPP - Unit Kerja Khusus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UKK FKUI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat ke desa Temajuk, Sambas, Kalimantan Barat, pada 8-15 April 2018. 

 

Kegiatan yang berfokus pada masalah kesehatan ini salah satunya melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan di puskesmas yang ada di desa tersebut, seperti 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Stunting, Imunisasi, USG, Incubator, dan lain-lain. Desa Temajuk dipilih karena menjadi salah satu desa tertinggal yang berbatasan dengan negara tetangga, Malaysia. 

Di Desa Temajuk terdapat puskesmas yang sarana dan prasarananya sudah cukup lengkap. Namun, persoalan yang ada adalah kurangnya tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan kurang mengetahui isu kesehatan terkini. 

Selain itu, masalah sistem pelayanan kesehatan dari puskesmas juga belum berjalan maksimal dikarenakan masih dalam proses pendaftaran di Kementerian Kesehatan. Sehingga kemudian fasilitas kesehatan yang seharusnya bisa digunakan oleh masyarakat di Desa Temajuk belum bisa berjalan sebagaimana semestinya.

Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian untuk masyarakat dari FKUI, dimana pihaknya turun langsung ke masyarakat dan daerah perbatasan sebagai sasaran utamanya. 

"ini juga sesuai dengan harapan presiden kita agar kita juga peduli dengan masyarakat yang ada di daerah perbatasan. Untuk program ini kami juga mengundang dokter di seluruh Indonesia dan tenaga kesehatan untuk bergabung," kata dia dalam keterangan yang diterima Rabu (18/4).

Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) 642/Kapuas, Muhammad Azwar, mengapresiasi kegiatan UKK FKUI di wilayah perbatasan. Dirinya berharap kegiatan ini terus berlanjut.

"Karena sangat membantu masyarakat. Kegiatan ini perlu dicontoh dan dilakukan setahun sekali atau dua kali di setiap daerah di pelosok, karena di pelosok informasi kesehatan minim," katanya.

FKUI dalam pelaksanaan programnya menggandeng Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) selaku pengelola wilayah perbatasan negara.(Humas BNPP)

 

Terakhir dimodifikasi padaKamis, 19 April 2018 10:42
Info for bonus Review William Hill here.