Menu
RSS

BNPP Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Wirausaha Pemula Pembangun Perbatasan Negara Utama

BNPP Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Wirausaha Pemula Pembangun Perbatasan Negara

BNPP - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama sejumlah kementerian terkait menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan permodalan dalam rangka peningkatan kapasitas wirausaha pemula Pembangun Perbatasan Negara.

 

Bimtek yang digelar pada 23-24 April 2018, di Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, diikuti oleh 30 orang pengusaha pemula.

"Ada beberapa alasan mengapa Bimtek bagi wirausaha pemula untuk mendukung peningkatan kompetensi dan pemanfaatan stimulasi bantuan permodalan perlu dilakukan," kata Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP, Anny Julistiani, saat membacakan laporan penyelenggaraan Bimtek, di ruang pertemuan aula kantor Camat Badau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (23/4).

Pertama, adanya keterbatasan permodalan dan akses untuk mendapatkannya. Kedua, lanjut dia, kapabilitas wirausaha pemula yang masih terbatas sehingga perlu perhatian dari pihak terkait. Terakhir, lemahnya manajemen kewirausahaan para wirausaha muda, salah satunya manajemen keuangan.

Kondisi ini diyakini menyulitkan usaha mikro atau wirausaha pemula untuk menjadi usaha kecil. Demikian juga, usaha kecil akan kesulitan untuk naik kelas menjadi usaha menengah.

"Untuk penguatan usaha skala kecil bagi wirausaha pemula ini, kedeputian bidang pembiayaan bersama Kementerian Koperasi dan UKM telah menempuh langkah antisipasi dan terobosan melalui penyediaan dana bantuan pemerintah bagi wirausaha pemula," katanya.

Diakui, bantuan permodalan bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi persoalan ini. Diperlukan dukungan program dan kegiatan lain yang saling mendukung dan memberi jaminan untuk tetap hidup dalam dunia usaha yang penuh kompetisi.

Kegiatan Bimtek merupakan bagian dari sinergitas antar kementerian/lembaga (K/L). Peserta Bimtek diikuti 30 wirausaha pemula yang berasal dari lima desa di Kecamatan Badau (yang merupakan Pusat Kegiatan Strategis Nasional). Sebanyak 16 orang dari Desa Badau, 3 orang dari Desa Janting, 7 orang dari Desa Pulau Majang dan 20 orang masing-masing  dari Desa Sebindang dan Desa Seriang. (Humas BNPP)

 

Terakhir dimodifikasi padaRabu, 25 April 2018 11:21
Info for bonus Review William Hill here.