Menu
RSS

Antusias Ikut Bimtek, Keberhasilan WP Akan Lengkapi Pembangunan Fisik di Perbatasan Utama

Antusias Ikut Bimtek, Keberhasilan WP Akan Lengkapi Pembangunan Fisik di Perbatasan

BNPP - Puluhan wirausaha pemula (WP) di Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) Badau, Kalimantan Barat, dengan antusias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Permodalan Peningkatan Kapasitas Wirausaha Pemula, yang digelar pada 23-24 April 2018.

 

Sebanyak 30 peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan program sinergitas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dengan Kementerian Koperasi&UKM serta Pusat Pendidikan BPSDM dan Kementerian Pertanian dengan Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Kapuas Hulu. 

"Kegiatan yang diikuti peserta mulai dari bagaimana mendapatkan pengetahuan meningkatkan usaha untuk memenuhi ketentuan dan persyaratan sebagai calon penerima bantuan WP dari Kemenkop UKM (maximum sebesar  Rp13 juta), bagaimana menyusun proposal serta membuat pembukuan dan pelaporan dalam kegiatan usahanya," kata Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP Anny Julistiani, Rabu (25/4).

Kemudian, lanjut Anny, masing-masing WP juga mendapatkan bimbingan  melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan pendampingan oleh dosen dan siswa PKL STPP-Kementerian Pertanian, sebagai tambahan modal keberhasilan usahanya.

"Dengan bangkitnya WP di wilayah perbatasan, khususnya PKSN Badau dan PKSN lain, diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti usaha kuliner, kerajinan, madu alam, ternak ayam, ternak ikan, tani sayuran, palawija dan pangan serta berkebun," kata dia.

Sejalan dengan progam Nawacita ke-3 pemerintahan Jokowi-JK, telah  dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) berikut sarana prasarana (Sarpras), seperti pasar dan infrastruktur jalan perbatasan di Kalimantan. Maka dari itu, sambung dia, keberhasilan WP diharapkan dapat mengisi, melengkapi dan mengoptimalkan pemanfaatan pembangunan fisik yang telah dilaksanakan. 

"Sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat akan menjadi faktor penting untuk memperkuat pertahanan keamanan di wilayah perbatasan NKRI."

Atas koordinasi BNPP, kiranya sinergitas K/L dan pemerintah daerah semakin kondusif  dan berkesinambungan sesuai dengan amanat undang-undang yang berlaku. (Humas BNPP)

 

Terakhir dimodifikasi padaRabu, 25 April 2018 18:37
Info for bonus Review William Hill here.