Menu
RSS

Semangat! Ini Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa Utama

Semangat! Ini Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa

BNPP - Umat Islam di seluruh dunia akan memulai ibadah Puasa sekurangnya dua hari lagi. Untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, diperlukan sejumlah tips terkait makanan dan olahraga apa saja yang bisa dilakukan di saat bulan puasa. Terutama, bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tidak menular seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

 

Tim Dokter Spesialis Prodia Health Care, Dr Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK, menyarankan agar menghindari makanan yang tinggi kandungan lemak dan garam pada saat sahur atau berbuka puasa dan memperbanyak sayuran serta buah yang kandungan gulanya tidak tinggi.

"Secara umum saat sahur dan berbuka puasa makan tetap biasa saja. Hindari makanan yang tinggi lemak dan garam. Perbanyak sayuran, buah-buahan, protein yang dari kacang-kacangan. minumnya air putih dan jus buah silahkan," kata Eva pada acara Penyuluhan Kesehatan Bagi Pegawai Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), di Jakarta, Senin (14/5).

Dia menekankan agar saat sahur mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sayuran, dan air minum secukupnya. Kemudian saat berbuka puasa, mengkonsumsi hidangan pembuka seperti kurma, minum air, sup atau kacang hijau. Kemudian, setelah jeda selama 10 menit, dilanjutkan dengan makanan berat. 

"Saat makan jangan kalap, pelan dan kunyah dengan baik, untuk kebaikan lambung. Karena kantung (lambung) yang tadinya kempis, kalau langsung masuk banyak bisa membuat sakit," kata dia.

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes, dirinya menyarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam sebelum menjalankan ibadah puasa, karena beresiko terjadi gula darah turun dan gula darah naik,sehingga serangan jantung atau stroke berpotensi lebih besar.

Sementara, Spesialis Kedokteran Olahraga dari Prodia Health Care, dr R Wishnu Hidayat, SpKO, menyebut kegiatan olahraga tetap bisa dijalankan di bulan puasa. Waktu yang disarankan adalah 1 jam sebelum buka puasa atau setelah buka puasa.

"Disesuaikan dengan waktu ibadah (diutamakan) dan makan utama," kata Wishnu.

Jenis olahraga di saat bulan puasa, lanjutnya, adalah jalan cepat di outdoor atau tempat teduh, senam aerobik dan kalistenik ringan. Hal ini bisa dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, dengan intensitas sedang dan durasi 10-30 menit. Olahraga juga harus disesuaikan dengan kesehatan, agar berjalan aman dan efektif.

Demikian sejumlah tips dan pengetahuan yang diberikan kepada pegawai BNPP dalam menjaga kondisi tubuh dan pola hidup sehat, terutama menyambut Bulan Ramadhan. Hadir dalam acara ini 30 peserta yang berasal dari perwakilan unit kerja eselon II di lingkungan BNPP. (Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.