Menu
RSS

Pilkada di Sejumlah Wilayah Perbatasan Berlangsung Aman dan Lancar Utama

Pilkada di Sejumlah Wilayah Perbatasan Berlangsung Aman dan Lancar

BNPP - Deputi I Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Robert Simbolon mengatakan penyelenggaraan Pilkada 2018 di sejumlah wilayah perbatasan, secara umum berlangsung aman dan lancar.

 

Pilkada yang dinilai sukses ini berdasarkan pantauan langsung di sejumlah wilayah perbatasan, yang mana warga dengan antusias menggunakan hak pilih mereka serta dukungan dari pihak-pihak terkait lain.

Terciptanya situasi yang kondusif juga disebutkan tak lepas dari peran serta TNI-Polri yang dengan maksimal mengawal proses pemungutan suara di wilayah perbatasan.

"Saya  melihat langsung di Kupang (NTT) suasananya penuh kegembiraan," kata Robert di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (30/6). 

Dilanjutkan, tidak ditemukan permasalahan signifikan terkait pelaksanaan Pilkada di wilayah perbatasan. Sejauh ini hanya dugaan intimidasi dan indikasi politik uang di beberapa kabupaten di NTT.

"Dan di Papua lebih ke masalah teknis saja. Semua bisa diatasi," ucap dia.

Selain itu, Robert mengapresiasi angka pemilih pada Pilkada 2018 di wilayah perbatasan yang mengalami kenaikan dari penyelenggaraan Pilkada tahun sebelumnya.

Pada Pilkada 2015 partisipasi pemilih sebanyak 64 persen, sementara Pilkada 2017 sebanyak 67,08 persen. Kemudian diketahui pada Pilkada 2018 ini naik menjadi 73,24 persen.

Sebanyak 8 Provinsi yang termasuk dalam wilayah perbatasan menyelenggarakan Pilkada 2018, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Riau, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua. 

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 02 Juli 2018 20:27
Info for bonus Review William Hill here.