Menu
RSS

Sosialisasi Pengembangan SDM Untuk Peningkatan Kinerja Utama

BNPP - Sosialisasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan (skill) dan pengetahuan (knowledge) dalam rangka mengambil keputusan jajaran pegawai di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

 

Hal ini dikatakan Pelaksana tugas Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto dalam laporan kegiatan 'Sosialisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengelola Perbatasan' di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/8). Peningkatan kemampuan dan pengetahuan ini dilakukan dengan mengadakan sejumlah kegiatan, diantaranya konsiyering pada kedeputian atau biro masing-masing dan kegiatan yang meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam bekerjasama (team building).

"Sehingga harapannya kinerja BNPP dapat meningkat," kata sigit.

Dia menyebutkan bahwa pengelolaan kawasan perbatasan demikian kompleks, baik itu masalah lintas batas negara (Outstanding Boundary Problem) yang belum selesai maupun perbaikan pengelolaan potensi dan infrastruktur. Namun, pada perkembangannya, penyelesaian lintas batas negara mengalami peningkatan yang signifikan.

Selain itu, sebagai upaya dalam mengelola kawasan perbatasan yang lebih baik, pihaknya juga menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Camat di Kawasan Perbatasan Negara, beberapa waktu.  Hasil kesepakatannya telah dikirimkan kepada gubernur dan bupati terkait untuk ditindaklanjuti.

"Kami telah berproses menyusun Rencana Aksi (Renaksi), melakukan evaluasi Rencana induk (Renduk 2020-2024) dan segera melaksanakan Rakor evaluasi pelaksanaan program BNPP di perbatasan," kata dia.

Pada kesempatan ini BNPP memberikan penghargaan terhadap pengelolaan 7 PLBN, yaitu PLBN Aruk, Entikong, Badau (Kalimantan Barat), Motaain, Motamasin, Wini (NTT) dan Skouw (Papua).

Acara dihadiri Menteri Dalam Negeri sekaligus Kepala BNPP Tjahjo Kumolo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, sejumlah pejabat Kemendagri, Deputi BNPP dan jajaran pegawai BNPP termasuk perwakilan dari 7 PLBN.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.