Menu
RSS

Indonesia-Malaysia Hasilkan Kesepakatan Sementara Dalam Penyelesaian Batas Negara Utama

ilustrasi (foto: istimewa) ilustrasi (foto: istimewa)

BNPP - Pemerintah Indonesia dan Malaysia kembali melakukan pertemuan dalam rangka penyelesaian masalah batas negara. Pada pertemuan yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 7-8 Agustus 2018, membuahkan sejumlah poin kesepakatan sementara.

 

Pertama, menyepakati draft MoU ke-21 beserta lampirannya, yaitu segmen yang tidak bermasalah yang sudah dilakukan survei bersama namun belum ada legalisasi oleh kedua pihak. Lalu finalisasi SOP survei bersama terhadap segmen Pulau Sebatik, Sungai Sinapad dan Sungai Sesai.

Kemudian yang tak kalah penting kesepakatan anotasi. Hal ini untuk menghindari perbedaan pemahaman terhada peta kerja yang sudah disiapkan, maka dilakukan penyamaan persepsi terhadap informasi peta maupun kesepahaman bahasanya.

Delegasi Indonesia dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Informasi Geospasial (BIG), Mabes TNI dan Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad).

Diketahui, penyelesaian soal batas negara juga menjadi pembahasan utama Menlu RI dan Menlu Malaysia. Penyelesaian batas wilayah kedua negara dinilai penting dan menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

Menlu Retno L Marsudi pada pertemuan belum lama ini mengatakan bahwa kedua belah pihak akan menyepakati Border Crossing Agreement (BCA) pada Agustus 2018. Selain itu, akan memberi mandat kepada tim teknis masing-masing untuk melakukan negosiasi secara intens. Kesepakatan BCA akan memudahkan finalisasi review Border Trade Agreement untuk keduanya.

Indonesia  dan Malaysia berbatas darat dan laut. Pada batas laut masih dilakukan penyelesaian di Selat Malaka dan Laut Sulawesi, kemudian untuk batas darat masih dilakukan upaya penyelesaian batas wilayah di Pulau Kalimantan. Kedua negara sepakat untuk menyelesaikan satu persatu persoalan batas wilayah negara yang masih bermasalah.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.