Menu
RSS

FGD Penanganan Batas Negara: BNPP Dapat Berperan Sebagai Sekretariat Pengumpulan Arsip Utama

FGD Penanganan Batas Negara: BNPP Dapat Berperan Sebagai Sekretariat Pengumpulan Arsip

BNPP - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dapat berperan sebagai sekretariat pengumpulan arsip data perundingan dalam Organisasi Penanganan Batas Negara dalam rangka optimalisasi dan percepatan penyelesaian sengketa batas negara.

 

Poin ini menjadi salah satu rangkuman Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan Kementerian Koordinator bidang, Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Rabu (29/8). Usulan BNPP sebagai sekretariat untuk memudahkan koordinasi persiapan serta tindak lanjut perundingan dan mengantisipasi pergantian komposisi tim perunding.

FGD yang dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Djamaludin, bertujuan untuk mengumpulkan bahan masukkan dalam penyusunan rencana revitalisasi kelembagaan penanganan batas negara dan mengidentifikasi kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki.

Peserta FGD sepakat bahwa pentingnya revitalisasi terhadap kekurangan Organisasi Penanganan Batas Negara yang ada saat ini, tanpa perlu restrukturisasi secara drastis. Rvitalisasi kemudian diregulasikan melalui produk hukum yang lebih tinggi dari Keputusan Menko Polhukam (seperti Peraturan Presiden).

Kemenko Polhukam akan melakukan rapat tindaklanjut FGD terkait pembahasan Organisasi Penanganan Batas Negara untuk menyusun rekomendasi.

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaMinggu, 16 September 2018 11:42
Info for bonus Review William Hill here.