Menu
RSS

Kepala BNPP Apresiasi Penyebarluasan Hasil Pengelolaan Perbatasan Melalui Jalur Budaya Utama

Mendagri Sekaligus Kepala BNPP Tjahjo Kumolo dan Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas Mendagri Sekaligus Kepala BNPP Tjahjo Kumolo dan Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas

BNPP - Menteri Dalam Negeri sekaligus Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo mengapresiasi penyebarluasan hasil pengelolaan batas negara dan pembangunan kawasan perbatasan melalui jalur budaya wayang kulit.

 

"Mengapresiasi dan mendukung upaya-upaya untuk melestarikan budaya bangsa sebagai salah satu sarana menyebarluaskan kebijakan dan keberhasilan pembangunan perbatasan negara," Ucap Tjahjo di acara pagelaran wayang kulit, di kantor BNPP, Jakarta, Jumat (28/9).

Tjahjo menjelaskan, pada era sekarang ini usaha untuk mempertahankan wilayah negara tidak lagi menggunakan pendekatan keamanan, namun juga melakukan pembangunan wilayah perbatasan negara.

"Pepatah jawa mengatakan “Sedumuk Bathuk Senyari Bumi, Ditoh Pati” artinya “Apabila ada yang berani menyentuh istri (Ibu Pertiwi), merebut sejengkal tanah, akan dilawan sampai titik darah penghabisan," katanya.

Pepatah ini disebutkan merupakan ungkapan yang tepat untuk memperkuat nasionalisme dalam mempertahankan wilayah negara. Lakon yang dipilih pada gelaran wayang kulit adalah 'Kikis Tunggurono' yaitu kisah perebutan wilayah negara, wilayah yang subur dan makmur yang telah dipertahankan harus segera dibangun.

BNPP bersama Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri menggelar pertunjukan wayang kulit di kantor BNPP, dengan lakon 'Kikis Tunggurono'. Dalang yang dihadirkan adalah Ki Bayu Aji Pamungkas dan turut dimeriahkan oleh Gareng Semarang serta didukung puluhan pemain gamelan dan sinden. 

Hadir pada acara ini Menteri Dalam Negeri sekaligus Kepala BNPP Tjahjo Kumolo, pejabat Kemendagri, Plt Ses BNPP, Deputi BNPP, pejabat eselon II, III, IV beserta pegawai Kemendagri-BNPP, perwakilan K/L, aparatur TNI-Polri di Kecamatan Kebon Sirih, tamu undangan dan masyarakat sekitar. Pagelaran wayang kulit juga disiarkan langsung di website Kemendagri.

 

(humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.