Menu
RSS

Rencana Penyelesaian OBP Sektor Timur Jadi Salah Satu Pembahasan JIM ke-42 Utama

Rencana Penyelesaian OBP Sektor Timur Jadi Salah Satu Pembahasan JIM ke-42

BNPP - Laporan kegiatan survei bersama Indonesia-Malaysia yang dilaksanakan pada tahun 2016 hingga pertengahan tahun 2018, dan rencana survei bersama di tahun berikutnya serta rencana penyelesaian Outstanding Boundary Problems (OBP) di sektor timur, menjadi agenda utama yang akan dibahas pada persidangan ke-42 Joint Indonesia-Malaysia (JIM) Boundary Committee on Demarcation and Survey of International Boundary between Indonesia and Malaysia pada tanggal 8-11 Oktober 2018, di Bandung, Jawa Barat.

 

Tak kalah penting, finalisasi dan penandatanganan MoU No. 21 untuk memformalisasi segmen-segmen yang sudah disepakati bersama juga masuk dalam agenda yang turut dibahas.

Pada kesempatan ini delegasi Indonesia diketuai oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo, dan dihadiri oleh beberapa Kementerian dan Lembaga, diantaranya Kemenko Polhukam, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Settap BNPP, beserta Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Sedangkan delegasi Malaysia dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Air, Tanah dan Sumber Asli Dato' DR. Tan Yew Chong bersama dengan instansi terkait lainnya.

Persidangan ke-42 JIM diharapkan dapat berjalan lancar dengan suasana persahabatan dan persaudaraan yang harmonis, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

JIM merupakan forum bilateral Indonesia-Malaysia yang dibentuk untuk pelaksanaan survei dan penegasan batas bersama. Forum JIM merupakan forum tertinggi dalam penegasan batas darat. Di bawah forum ini terdapat beberapa forum teknis lainnya.

Persidangan JIM yang diselenggarakan dengan prinsip resiprokal ini membahas hal-hal terkait isu untuk melakukan survey bersama dan penegasan batas/demarkasi kedua negara. Persidangan JIM awalnya dimulai pada tahun 1974 yang dilaksanakan di Kota Kinabalu, Malaysia. Sampai saat ini kedua negara telah menyelenggarakan sidang yang ke-42.

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaRabu, 10 Oktober 2018 13:21
Info for bonus Review William Hill here.