Menu
RSS

Ini Usulan Bahan Masukan Empat Kementerian Untuk Renaksi 2020 Utama

Ini Usulan Bahan Masukan Empat Kementerian Untuk Renaksi 2020

BNPP - Fokus Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDes PDTT) dalam penanganan kawasan perbatasan negara adalah membangun kecamatan-kecamatan terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain (tetangga), dalam hal ini lokasi prioritas (lokpri).

 

 

Terdapat 23 kabupaten perbatasan di daerah tertinggal yang menjadi lokus intervensi KemenDes PDTT, meliputi 108 lokasi prioritas (kecamatan) dengan 1.154 desa.

"Yang tersebar di Kalimantan sebanyak 399 desa, Maluku dan Maluku Utara sebanyak 235 desa, Nusa Tenggara Timur sebanyak 285 desa serta Papua dan Papua Barat sebanyak 235 desa," kata Kepala Biro Perencanaan KemenDes PDTT, Muhammad Rizal, dalam Rapat Penyusunan Bahan Masukan Renaksi Tahun Anggaran 2020 Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Darat, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10).

KemenDes PDTT untuk renaksi 2020 mengusulkan sejumlah bahan masukan, yaitu program pembangunan jalan desa-jalan trans, pembukaan jalan menuju lokasi kantor camat, peningkatan jalan tani , pembangunan PLTS, pembangunan atau peningkatan jembatan dan pembangunan jalan sirip-jalan trans. 

"Semua kegiatan akan dilaksanakan di 187 lokpri dan 10 PKSN," katanya.

Selain KemenDes PDTT, tiga kementerian lain juga mengusulkan bahan masukan untuk renaksi 2020. Ketiganya adalah kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi UKM. 

Kementerian Pertanian usulan bahan masukannya yaitu melaksanakan sejumlah program kegiatan seperti teknologi PTT kedelai, combine harvester sedang, combine harvester besar, RMU+packing daerah perbatasan, UPH jagung, sertifikasi organik, fasilitas UPPO, peningkatan produksi padi inbrida lahan sub optimal (hazton), peningkatan produksi padi inbrida sawah atau lahan kering atau tadah hujan, rehabilitasi jaringan irigasi (HA) dan perluasan sawah (HA).

Kesebelas program kegiatan untuk tahun 2020 ini dilakukan di sejumlah wilayah perbatasan, yaitu Merauke, Jayapura Keerom, Sanggau, Kapuas Hulu, Nunukan, Kupang, Timor Tengah Utara, Malaka, dan Sintang.

Usulan bahan masukan dari Kementerian Perindustrian berupa kegiatan pelatihan berbasis kompetensi, pelatihan keterampilan kewirausahaan dan keahlian, peningkatan penyelenggaraan pemagangan di dalam dan luar negeri, padat karya infrastruktur, padat karya produltif, padat tenaga kerja mandiri, wirausaha baru, teknologi tepat guna, peningkatan pengembangan pasar kerja bursa kerja.

Usulan program kegiatan ini akan dilaksanakan di Merauke, Jayapura, Keerom, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang  dan Kaluas Hulu.

Sementara dari Kementerian Koperasi dan UKM memberikan usulan program peningkatan sarana jalan masuk pasar, drainase dan parkiran, diklat vocasional berbasis potensi, penyertaan modal untuk pendirian lembaga keuangan mikro di kawasan perbatasan, pelatihan untuk pengrajin anyaman rotan, peningkatan UKM di wilayah perbatasan, penyertaan modal untuk pendirian lembaga keuangan mikro di kawasan pengembangan serta pemberian bantuan untuk memfasilitasi agunan pinjaman kredit untuk peternak yang menjadi anggota koperasi di sonis loloran. Seluruh program kegiatan ini akan dilaksanakan di 187 lokpri dan 10 PKSN.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.