Menu
RSS

Hasilkan Tujuh Kesimpulan, PLBN Harus Berdampak Positif Bagi Masyarakat Lokal Utama

Hasilkan Tujuh Kesimpulan, PLBN Harus Berdampak Positif Bagi Masyarakat Lokal

BNPP - Rapat Penyusunan Bahan Masukan Renaksi Tahun Anggaran 2020 Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Darat yang digelar di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10), menghasilkan tujuh kesimpulan.

 

 

Ketujuh kesimpulan itu adalah sudah adanya sinergi antar kementerian/lembaga dalam implementasi program, khususnya dalam implementasi program wirausaha unggulan yaitu koordinasi antara Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), BI, Kementerian Pertanian dan lainnya. Diharapkan kemudian sinergitas lebih meningkat dalam program mendatang.

Kemudian, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) diharapkan dapat menganalisis apakah usulan dari daerah yang diungkapkan daerah (sesi pembagian kelompok) memang yang dibutuhkan oleh daerah. Kesimpulan berikutnya, pembangunan di perbatasan mencakup  dua aspek yaitu esejahteraan (prosperity) dan pertahanan (security), namun aspek pertahanan tidak sekedar memandang kehadiran TNI, tapi pertahanan dari berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, politik dan lain sebagainya. 

Keempat, pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan lebih diupayakan berdampak positif bagi masyarakat lokal, baik secara ekonomi, sosial dan menghindari dampak negatif karena derasnya barang impor. Lalu, dilakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih baik dalam perencanaan, terutama diantara tahapan-tahapan program seperti Renaksi, Rakortek dan Musrenbang serta ada feedback ke daerah dari hasil pembahasan di pusat.

Keenam, dalam pembangunan perbatasan terdapat distribusi kewenangan pembangunan yang mencakup kewenangan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten sampai pemerintah desa. Oleh karena itu perlu koordinasi dan sinergi yang lebih baik (horisontal maupun vertikal).

Terakhir, ada kesepakatan dan kesepahaman antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat (K/L) yang hadir di rapat untuk berbagi tugas dalam penanganan program yang diusulkan daerah, sesuai kewenangan masing-masing.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.