Menu
RSS

Rekonfirmasi Bahan Masukan Untuk Renaksi Pengelolaan Potensi Laut Tahun 2020 Utama

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Boytenjuri Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Boytenjuri
BNPP - Pertemuan dengan agenda rekonfirmasi bahan masukan dari pemda di perbatasan dinilai penting untuk membahas informasi dan updating data.
 
 
Kemudian juga membahas pokok permasalahan yang berpedoman pada penetapan lokasi lima Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), 114 lokasi prioritas (Lokpri) pada perbatasan negara wilayah laut dan enam lokpri perbatasan negara wilayah laut dan darat.
 
"Yang bersumber dari empat kementerian/lembaga (K/L) yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Ketenagakerjaan. Direkapitulasi menjadi Rencana Aksi (Renaksi) pengelolaan potensi kawasan perbatasan laut TA 2020," kata Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Boytenjuri, di Semarang, Jumat (19/10).
 
Pertemuan ini juga mengkonfirmasi sudah sejauh mana peran K/L dalam pembangunan kawasan perbatasan sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Induk (Renduk) BNPP terkait pembangunan kawasan perbatasan Lokpri I, II, III.
 
Dia melanjutkan, pada 4 Oktober 2018 lalu pihaknya mengikuti seminar Agro-Maritim 4.0 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor. Benang merah dari seminar ini terkait transformasi Agro-Maritim 4.0 adalah pemulihan ekosistem agro-maritim, tata kelola baru agro-maritim yang inklusif, berkeadilan, berdayaguna dan mensejahterakan.
 
"Lalu produksi pangan dan non pangan yang berkedaulatan, industri agro-maritim dan perdagangan yang berdaya saing, penguatan infrastruktur konektivitas dan rantai nilai agro-maritim antar wilayah secara berimbang serta penguatan sumber daya manusia dan IPTEK," ujar dia.
 
Dirinya berharap konsep Agro-Maritim 4.0 dapat dimanfaatkan sebagai salah satu literatur dalam pengembangan dan pengelolaan potensi kawasan perbatasan laut, baik oleh Sekretariat Tetap (Settap) BNPP, K/L maupun pemda.
 
Diyakini, komitemen bersama lintas K/L dalam membangun kawasan perbatasan dapat menjadikan wajah kawasan perbatasan lebih baik dibanding dengan negara tetangga.
 
 
(Humas BNPP)
Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 11:20
Info for bonus Review William Hill here.