Menu
RSS

Ketua Pengarah BNPP: Pembangunan 11 PLBN Tahun 2019 Utama

Ketua Pengarah BNPP Wiranto Ketua Pengarah BNPP Wiranto

BNPP - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan rencana pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sejumlah lokasi di wilayah perbatasan negara akan segera direalisasikan.

 

 

Hal ini dikatakan setelah mendengar langsung kesiapan dari para kementerian/lembaga (K/L) untuk mendukung pembangunan 11 PLBN di sejumlah lokasi di perbatasan.

"Semua pembangunan 11 PLBN di tahun 2019, kita sekarang langsung masuk ke rancangan Inpres," kata Wiranto dalam Rakor Rancangan Inpres Tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (24/10).

Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini meminta para K/L langsung bekerja sesuai komitmen masing-masing, setelah munculnya Inpres. "Intinya kita kerja,wilayah pinggiran terjamah, maka saya betul-betul minta diperhatikan," ucap dia.

Dia menjelaskan, selama empat tahun kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, daerah pinggiran yang sebelumnya belum terjamah saat ini sudah bisa dilihat hasilnya. secara bertahap, pembangunan infrastruktur, membuka keterisolasian, transportasi hingga harga kebutuhan yang merata, bisa dirasakan langsung oleh masyarakat di perbatasan.

"Artinya wujud dari keadilan sosial itu sudah bisa terlihat," kata dia.

Pemerintah sebelumnya sudah membangun 7 PLBN yang ada di Aruk (Kalimantan Barat), Entikong (Kalimantan Barat), Nanga Badau (Kalimantan Barat), Wini (Nusa Tenggara Timur), Motamasin (Nusa Tenggara Timur) dan Skouw (Papua). Ketujuh PLBN ini berdiri indah dan megah. Selain bangunan pos lintas batas, di kawasan ini juga dibangun sarana penunjang lain, salah satunya pasar. Dengan demikian diharapkan jadi daya tarik pelintas dari warga negara tetangga untuk melakukan aktivitas ekonomi dan berujung pada peningkatan kesejahteraan warga perbatasan.

Kesebelas PLBN yang akan dibangun diantaranya di Serasan, Jagoi Babang, Sei Nyamuk, Oepoli,  Sota, Merauke dan Yetefkun. Seperti tujuh PLBN sebelumnya, diharapkan kesebelas PLBN dapat menjadi daya tarik warga maupun pelintas dari negara tetangga.

Turut hadir dalam pertemuan ini Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendagri/Kepala BNPP Tjahjo Kumolo, MenkumHAM Yasona Laoly, Plt Ses BNPP Widodo Sigit Pudjianto, Deputi bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP Robert Simbolon dan sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga.

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 11:12
Info for bonus Review William Hill here.