Menu
RSS

Menkopolhukam: Waspadai Ancaman Negara Melalui Perbatasan Utama

Menkopolhukam sekaligus Ketua Pengarah BNPP Wiranto Menkopolhukam sekaligus Ketua Pengarah BNPP Wiranto

BNPP - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengingatkan adanya ancaman bagi negara Indonesia melalui jalur perbatasan apabila penjagaan keamanan perbatasan negara tidak kuat. 

 

 

"Waspadai ancaman negara kita di perbatasan apabila penjagaan keamanan kita lemah, penyelundupan narkotika bisa masuk melalui jalur-jalur tikus," ujar Menkopolhukam di depan peserta Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Perbatasan Negara (Rakordalbangtas) Tahun 2018 yang diselenggarakan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Manado, Sabtu (27/10).

Untuk itu, lanjut Wiranto, pengerahan TNI-Polri di perbatasan harus diperkuat. Pihaknya, telah menginstruksikan agar anggota TNI yang berada didaerah relatif aman untuk direlokasikan ke kawasan beranda negara itu. "TNI akan direlokasikan dari pulau jawa ke kawasan perbatasan sebagai tempat pertahanan negara," tandasnya.

Selanjutnya, menurut Menkopolhukam, perlu dibangun kondisi kejiwaan masyarakat Indonesia yang berada di wilayah perbatasan agar ikut menjaga dan ikut serta bertangggungjawab dalam pengamanan aset negaranya. "Kita perlu mengelola psikologi masyarakat diperbatasan agar mempunyai kebanggaan sebagai warga Indonesia," katanya.

Langkah selanjutnya, masih kata Wiranto, perlu diperkuat  perekonomian kawasan perbatasan dengan dukungan fasilitas dan sarana prasarana penunjang, sehingga kawasan perbatasan menjadi maju. Dan dengan sendirinya, penduduk akan melakukan transmigrasi secara mandiri menempati kawasan perbatasan yang masa depannya penuh harapan. " _Outcomenya_ adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkopolhukam membuka acara Rakordalbangtas Tahun 2018 dengan ditandai pemukulan gong, didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Kepala BNPP dan Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto. 

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 11:02
Info for bonus Review William Hill here.