Menu
RSS

Bangun Terminal Barang, Dorong Pengelolaan Komoditas Unggulan di Entikong Utama

Bangun Terminal Barang, Dorong Pengelolaan Komoditas Unggulan di Entikong
BNPP - Pembangunan terminal barang internasional (dry port) dan terminal transit penumpang di Entikong, Kalimantan Barat, menjadi salah satu sarana penunjang dalam mendukung kebijakan pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan negara.
 
 
Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (Plt Ses BNPP) Widodo Sigit Pudjianto dalam sambutannya diwakili Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP, Asnil, dalam Rapat Penyusunan Kebijakan Program Pengelolaan Potensi Pembangunan Terminal Barang International Entikong Sebagai Sarana Prasarana Distribusi Perdagangan Kawasan  Perbatasan Negara, di Jakarta, Senin (29/10).
 
Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan pengembangan kawasan pertumbuhan ekonomi di Entikong-Tebedu yang terintegrasi dinilai penting dan memiliki prospek kedepannya. Hal ini ditandai dengan sejumlah alasan.
 
"Pertama, potensi ekspor melalui Tebedu in-line port ke pasar global seperti Thailand, China ,Malaysia dan negara lain.  Di kawasan Tebedu terkoneksi dengan pelabuhan Senari di Kucing (Malaysia) yang berkapasitas besar" ujar Asnil.
 
Kedua, pembangunan industri di Entikong dapat mendorong pengelolaan komoditas unggulan berbasis teknologi, sehingga dapat memberi nilai tambah ekonomi terhadap berbagai potensi dan komoditi unggulan seperti karet, kakao dan lada. Selain itu, pembangunan kawasan ekonomi di Entikong-Tebedu dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat untuk bekerja di dalam negeri. 
 
"Lalu, dengan perkiraan dan asumsi diatas, maka kawasan Entikong akan cepat berkembang sebagai kota baru. Prospek dari perkiraan ini semua menjadi masukan bermanfaat bagi kebijakan daerah kedepannya," tutur dia.
 
Percepatan pembangunan kawasan perbatasan di Entikong, seperti instruksi Presiden Jokowi, memiliki momentum yang bagus terhadap upaya percepatan pembangunan  di kawasan perbatasan. Pengelolaan kawasan perbatasan Entikong perlu dilakukan secara komprehensif, yang secara umum setidaknya mencakup tiga komponen pokok kebijakan dan program. 
 
"Yaitu, rekonstruksi bangunan dan pengelolaan PLBN Entikong, pembangunan infrastruktur jalan dan sarana pendukung serta pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi dan industri Entikong-Tebedu secara terintegrasi."

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 10:54
Info for bonus Review William Hill here.