Menu
RSS

Komitmen dan Penguatan Koordinasi Untuk Wujudkan Keamanan dan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan Utama

Komitmen dan Penguatan Koordinasi Untuk Wujudkan Keamanan dan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan

BNPP - Komitmen bersama dan penguatan koordinasi dari kementerian/lembaga serta pemerintah daerah (pemda) di perbatasan menjadi salah satu penentu terwujudnya keamanan dan kesejahteraan masyarakat di perbatasan negara.

 

 

Menurut Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (Plt Ses BNPP) Widodo Sigit Pudjianto, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Nawacita ke-3, menginginkan agar pembangunan di wilayah pinggiran menjadi salah satu yang utama untuk diperhatikan.

"Presiden (Jokowi) ingin bangun dari pinggiran agar terwujud kesejahteraan masyarakatnya. Kita di K/L kegiatannya diarahkan kesana. Itu bagian dari komitmen.  Kita akan hebat kalau kita bisa komit, sinergi," kata Sigit, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/11).

Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan, kementerian/lembaga diharap dapat memfokuskan sejumlah program kegiatan,  melalui koordinasi dengan BNPP selaku koordinator 27 K/L dan pemda di perbatasan. Program kegiatan kesejahteraan masyarakat perbatasan diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan pendampingan para petani atau peternak disaat musim panen, selain itu pemberian pelatihan pengemasan produk.

"Pemda juga bisa berperan dengan membuat aturan harga eceran terendah (HET) sehingga saat panen harga tidak dijatuhkan tengkulak. Disitu kita melindungi," ujarnya.

BNPP juga menggandeng pihak lain seperti perguruan tinggi, yang dapat berkontibusi pemikiran atau inovasi dalam pengelolaan potensi yang ada di perbatasan. Sehingga berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga perbatasan.

Penguatan pengamanan pos lintas batas juga dilakukan melalui koordinasi dengan TNI, Polri dan pihak terkait lain. Hal ini untuk mencegah masuknya tindak kejahatan yang  memanfaatkan jalur-jalur perbatasan.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.