Menu
RSS

Jalankan PMPRB, BNPP Bagian Penting Dari Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Utama

Jalankan PMPRB, BNPP Bagian Penting Dari Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
BNPP - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai lembaga pemerintah yang bertugas mengelola perbatasan negara, menjadi bagian penting dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).
 
 
Terkait hal itu, BNPP sudah menjalankan kegiatan RB sesuai Permen PAN-RB No 14 tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.
 
"Sebagai bagian dari birokrasi nasional, kita juga harus bekerja dalam kerangka aturan yang berlaku," kata Deputi Bidang Pengelolaan Batas Willayah Negara BNPP, Robert Simbolon, saat menerima tim Verifikasi Lapangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) 2018, di kantor BNPP, Jakarta, Senin (5/11).
 
Sesuai arahan KemenPAN-RB, pada tahun ini BNPP sudah menjalankan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan sudah melaporkan melalui sistem online.
 
"Kita sudah catatkan indeks pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BNPP tahun 2018 yaitu 86,17 persen," ujar Robert.
 
Bahkan, pada tiga (3) tahun terakhir capaian BNPP dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi mengalami peningkatan, yaitu 71,41 persen pada tahun 2016 lalu 81,51 persen pada 2017 dan terakhir di tahun ini yaitu 86,17 persen.
 
"Ini tentu merupakan akumulasi dari nilai kita masing-masing di pokja-pokja. Saya apresiasi kerja bersama kita," katanya.
 
Asisten Deputi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas KemenPAN-RB, Kamarudin, menambahkan bahwa evaluasi lapangan yang dilakukan tidak hanya menyangkut dokumen, namun juga melalui observasi, interview, survei, dan lain-lain. 
 
Terdapat delapan poin yang mencakup pelaksanaan Reformasi Birokrasi, yaitu manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
 
"Selain itu, evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja," ujarnya.
 
 
(Humas BNPP)
Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 10:43
Info for bonus Review William Hill here.