Menu
RSS

Dukung RB, BNPP Ikuti Proses Tahapan Penilaian Utama

Dukung RB, BNPP Ikuti Proses Tahapan Penilaian

BNPP - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) tahun 2018.

 

 

Sebagai  lembaga pemerintah yang bertugas mengelola perbatasan negara, BNPP turut mendukung pelaksanaan RB sebagai upaya pembaharuan dan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Dukungan ini diwujudkan melalui evaluasi internal Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). 

"RB di BNPP dimulai sejak tahun 2016 kemudian dilakukan PMPRB tahun 2017 dengan hasil capaian 81,51 persen. Kemudian sekarang tahun 2018 mencapai 86,17 persen," kata Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Kepegawaian (HOK) BNPP, Gutmen Nainggolan, di kantor BNPP, Jakarta, Selasa (6/11).

Pada evaluasi pelaksanaan RB di lingkungan BNPP yang dimulai sejak 5 November 2018, KemenPAN-RB menurunkan timnya. Mereka adalah Kamarudin (supervisor), Ananda Juarsa (ketua tim), Gempar Ganefianto (ketua tim), Gita Aurora (anggota), Puti Rahmawati (anggota) dan Muhammad Hariz Ananto (anggota).

Tim evaluasi kemudian melakukan sejumlah tahapan proses, salah satunya kuisioner terhadap 100 pegawai BNPP. Untuk diketahui, metode kuisioner ini sebelumnya menggunakan cara manual dan kini sudah berbasis online (android maupun PC) yang terkoneksi langsung  di jaringan KemePAN-RB, sehingga bisa dimonitor oleh masyarakat. 

"Lalu, dilakukan wawancara terhadap tim (termasuk anggota) dari pokja terkait dengan delapan (8) area perubahan," ujarnya.

Disamping itu, lanjut dia, akan dilakukan juga wawancara terhadap pimpinan yang diwakili Deputi I Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Robert Simbolon dan Deputi III Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan.

Berbagai proses ini sebagai bentuk nyata kesungguhan pegawai di lingkungan BNPP dalam upaya meningkatkan kualitas akuntabilitas dan kinerja pada instansi pemerintah. Diharapkan, hasil penilaian dari KemenPAN-RB nantinya sesuai dengan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) internal BNPP. 

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.