Menu
RSS

Pemantapan Program, Lima Bidang Kerja Disepakati Dengan Forpertas Utama

Pemantapan Program, Lima Bidang Kerja Disepakati Dengan Forpertas

BNPP - Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Anny Julistiani mengemukakan bahwa terdapat lima (5) bidang kerja yang sudah disepakati bersama Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan (Forpertas).

 

 

Kelima bidang kerjasama itu di bidang pengembangan potensi wilayah perbatasan, hilirisasi ilmu pengetahuan dan teknologi, pemberdayaan masyarakat perbatasan, pengembangan kerjasama terintegrasi multistakeholders serta bidang pengembangan SDM dan penguatan  kelembagaan.

"Sudah ada rumusan sebagai bahan untuk dikerucutkan menyongsong tahun 2019. Mudah-mudahan akhir Novemver (2018) dapat kesepakatan yang sudah kita bahas  brrsama antara BNPP dengan Forpertas.Sehingga di tahun 2019 kita sudah bisa mulai kegiatannya," kata Anny dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Kerjasama Dengan Mitra Dalam Rangka Sinergitas Program Kegiatan Pengelolaan Perbatasan Negara, di Jakarta, Rabu (21/11).

BNPP juga memberikan usulan program yang dikerjasamakan dengan perguruan tinggi terkait pengembangan potensi masyarakat perbatasan. Usulan tersebut diantaranya pengembangan padi adan di Krayan (Kaltara) dengan memberi pendampingan terhadap petani (pelatihan). 

"Pembibitan padi dan produksi serta pengemasan dan sistem pemasaran," kata dia.

Usulan berikutnya pengembangan peternakan sapi di Solislaloran (NTT) dengan melakukan pendampingan peternak (pelatihan), pembibitan sapi dan produksi serta sistem pemasaran. Kemudian program peningkatan pelayanan kesehatan pulau terkecil dan pulau terluar melalui penempatan tenaga medis dan rumah sakit Apung. 

Pemantapan program kegiatan pengelolaan perbatasan negara yang dikerjasamakan bersama Forpertas diharapkan dapat mengerucut, sehingga bisa difokuskan dan menuai hasil.

"Sehingga selain dijamin keamanannya, masyarakat perbatasan juga sejahtera," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari 10 perguruan tinggi yang tergabung dalam Forpertas. Kesepuluh perguruan tinggi itu adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Negeri Padang (UNP), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pada kesempatan ini juga anggota Forpertas bertambah dengan bergabungnya Universitas Tanjungpura. 

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 26 November 2018 10:14
Info for bonus Review William Hill here.