Menu
RSS

Bangun Infrastruktur Dasar, Kesejahteraan Warga Perbatasan Salah Satu Fokus Utama

Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud

BNPP - Pembangunan infrastruktur dalam pengelolaan perbatasan negara mengutamakan tiga hal, yaitu jaminan keamanan, kesejahteraan warga dan lingkungan hidup.

 

 

"Dari ketiga hal ini ada aspek yang jadi fokus, yaitu terkait kedaulatan wilayah dan kesejahteraan warga," kata Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, di Jakarta, Rabu (21/11).

Dilanjutkan, dari aspek kesejahteraan fokusnya bagaimana membuka keterisolasian dan ketertinggalan di kawasan perbatasan. Fokus lokasi yang dibangun infrastrukturnya saat ini adalah 10 Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) dan 187 kecamatan lokasi prioritas (Lokpri).  

"Pembangunan kawasan itu terkait aspek potensi dan infrastruktur yang didalamnya mencakup infrastruktur dasar dan infrastruktur sosial dasar," kata dia.

Dalam mengatasi keterisolasian (infrastruktur dasar), dilakukan dengan membuka konektivitas melalui pembangunan jalan, memasang jaringan listrik, dan saluran komunikasi. Kemudian untuk pemenuhan kebutuhan sosial dasar pembangunan terkait dengan aspek pendidikan, kesehatan, air bersih dan perumahan.

"sementara untuk infrastruktur dasar pendukung perekonomian adalah terkait dengan penyelengaaran pemerintahan (kelembagaan), disini ada infrastruktur sarana pemerintahan dan penguatan kelembagaan (aspek kependudukan catatan sipil)," ujarnya.

Secara keseluruhan pemenuhan infrastruktur kebutuhan dasar dan  sosial dasar di kawasan perbatasan sudah menunjukkan hasil, terutama di 187 Lokpri dan 10 PKSN. 

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.