Menu
RSS

Bersinergi, Kontribusi Forpertas Untuk Wujudkan Kesejahteraan Warga Perbatasan Utama

Koordinator Forpertas, Suratman Koordinator Forpertas, Suratman

BNPP - Koordinator  Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan (Forpertas), Suratman, menyebut bahwa sinergitas dan sinkronisasi penting dilakukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

 

 

Sesuai Nawacita ke-3 Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, perguruan tinggi turut berkontribusi dalam hal pengembangan potensi sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) serta Kementerian Riset dan Teknologi, beberapa waktu lalu.

"Kami ingin bersinergi terkait pengelolaan perbatasan yang ada di BNPP yaitu lintas batas, pengembangan wilayah dan kelembagaan. Ini disepakati supaya fokus," kata Suratman, di Jakarta, Rabu (21/11).

Hal yang kemudian disinergikan terkait penelitian yang dilakukan oleh Forpertas kepada masyarakat di perbatasan. Penelitian berfokus pada lima bidang yang intinya menciptakan pertumbuhan ekonomi dan masyarakat yang mandiri.

Berbagai penelitian yang inovatif terhadap sasaran yang jelas dan terukur akan dilakukan oleh forum perguruan tinggi selama lima tahun kedepan. "Pangan jadi prioritas, kemudian energi terbarukan misal dengan mikro hidro. berikutnya pengembangan teknologi kesehatan, teknologi manajemen transportasi dan lain-lain yang fokusnya akan dikembangkan," ucap Suratman yang juga Guru Besar pada Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada.

Kontribusi dari kelompok perguruan tinggi ini akan bersinergi dengan kementerian/lembaga terkait dibawah koordinasi BNPP. 

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.