Menu
RSS

Susun Business Plan, K/L Harus Fokus Jalankan Program di 10 PKSN dan 187 Lokpri

Susun Business Plan, K/L Harus Fokus Jalankan Program di 10 PKSN dan 187 Lokpri

BNPP - Strategi dan fokus kebijakan pengelolaan potensi kawasan perbatasan harus diarahkan pada pengembangan potensi ekonomi yang langsung terkait dengan aktivitas ekonomi masyarakat sehari-hari.

 

"Penekanannya pada potensi dan komoditas atau sektor unggulan kawasan yang memiliki daya ungkit tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (Plt Ses BNPP) Widodo Sigit Pudjianto dalam sambutan yang diwakili Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP, Asnil, di Tangerang, Banten, Selasa (27/11).

Keasdepan Potensi Kawasan Perbatasan Darat pada tahun 2017 telah melakukan penyusunan Business Plan di 5 (lima) PKSN, yaitu PKSN Paloh Aruk, PKSN Entikong, PKSN Badau, PKSN Jayapura dan PKSN Motaain. Kemudian pada tahun 2018 sedang melakukan penyusunan Business Plan di 3 (tiga) PKSN, yaitu PKSN Kefamenanu Kab. TTU, PKSN Jagoi Babang Kab. Bengkayang dan PKSN Jasa Kab. Sintang.

Penyusunan business plan bertujuan untuk menentukan potensi komoditas atau sektor yang layak dikembangkan secara ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut, business plan ini menjabarkan rencana kerja yang diperinci dalam indikasi program untuk periode 5 (lima) tahun ke depan.

"Hal ini sesuai dengan semangat dan roh UU 43/2008 tentang Wilayah Negara, yang menekankan pentingnya pendekatan kesejahteraan masyarakat perbatasan melalui percepatan pembangunan ekonomi yang langsung menyentuh ekonomi rakyat perbatasan negara," ucapnya.

Maka, kementerian dan lembaga (K/L) didorong untuk lebih fokus menempatkan program kegiatannya di kawasan perbatasan dengan mensinergikan dengan arahan progam kegiatan yang dihasilkan oleh business plan.

"Semua K/L mitra kerja Asdep Potensi Kawasan Perbatasan Darat (Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa PDTT, dan Kementerian Koperasi dan UKM) juga perlu fokus menempatkan program kegiatannya di 10 PKSN dan 187 lokasi prioritas (lokpri) kawasan perbatasan."

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaRabu, 28 November 2018 11:26
Info for bonus Review William Hill here.