Menu
RSS

Mendagri Turunkan Tim Monitor Musibah Tsunami Selat Sunda Utama

Mendagri Turunkan Tim Monitor Musibah Tsunami Selat Sunda

BNPP - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas musibah tsunami di kawasan selat sunda,  Banten dan Lampung yang terjadi pada hari Sabtu malam, (22/12/2018).

"Kami menyampaikan duka cita atas korban musibah Banten dan Lampung. Mendoakan semoga korban diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan agar keluarga diberikan ketabahan," kata Mendagri.

Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengirim tim monitoring ke daerah bencana dan mengirim radiogram ke Pemerintah Daerah (Pemda) terdekat dengan lokasi bencana.

"Tim akan memonitor dan membantu sarana dan prasarana yang ada dengan berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan BNPB (Badan Nasional Penanggulang Bencana)," tuturnya.

Disamping itu, Mendagri melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakruloh, telah menyiapkan Tim yg melibatkan personil Pusat dan Daerah (Serang dan Pandeglang) untuk mendukung pengungkapan Identitas korban meninggal maupun luka-luka.

Saat ini Dinas Dukcapil Serang maupun Pandeglang siaga di kantor dan sebagian sudah ada di lapangan.

"Tim Dukcapil pusat mengamankan jaringan dan akses biometrik untuk kepentingan identifikasi di lapangan," papar Zudan.

Disamping pengungkapan Identitas korban, lanjut Zudan, Tim juga akan menangani masalah penerbitan dokumen kependudukan yang hilang akibat bencana.

"Operasi ini dibantu Kadis Pandeglang dan Serang beserta Tim Teknis di Daerah," tuturnya.

Zudan juga meminta dukungan dan rasa terima kasihnya, ke semua pihak untuk dapat melaksanakan tugas kemanusiaan ini.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.