Menu
RSS

Items filtered by date: Kamis, 15 Maret 2018

Pemerintah Targetkan Daya Saing Masyarat Perbatasan Lebih Unggul Dari Negara Tetangga

  • Diterbitkan pada berita

BNPP - Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Boytenjuri, mengatakan, bahwa paradigma pengelolaan perbatasan negara sudah saat ini sudah mengalami perubahan yang signifikan. 

Pengelolaan perbatasan negara sebelumnya memandang perbatasan negara hanya sebagai wilayah pertahanan yang harus dijaga secara militeristik menjadi. Sementara saat ini dipandang bahwa NKRI sebagai satu entitas yang memiliki elemen kedaulatan wilayah dan penduduk yang harus dilindungi secara utuh.

"Perbatasan negara memiliki sumber daya yang cukup besar," terangnya dalam Rapat Koordinasi, Integrasi dan Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang di Kawasan Perbatasan di Yogyakarta, Kamis (15/3). 

Rakor Integrasi dan Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang di Kawasan Perbatasan diikuti perwakilan pemerintah daerah perbatasan. Diantaranya dari Propinsi Aceh, Propinsi Kepulauan Riau, Propinsi Kalimantan Barat, Propinsi Kalimantan Timur, Propinsi Kalimantan Utara dan Propinsi Maluku.

Dalam rakor yang juga diikuti dua kabupaten/kota perbatasan masing-masing Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sambas, Boytenjuri menyampaikan bahwa dalam mengelola perbatasan negara, pemerintah mengedepankan tiga pendekatan. Yakni security approach, prosperity approach dan environment approach. 

Pemerintah sebagaimana Nawa Cita Ketiga Pemerintahan Jokowi, khususnya pada butir ketiga, memberikan porsi lebih dalam pembangunan di kawasan perbatasan. Yakni 'Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa'. 

Berdasarkan arah kebijakan dan strategi pengelolaan perbatasan negara tahun 2015-2019, lanjut Boytenjuri, pemerintah menargetkan bagi terjaminnya keutuhan dan penegakan NKRI serta penegakan pertahanan dan keamanan internasional. 

"Selanjutnya pendayagunaan sumberdaya dan pemerataan pembangunan," jelasnya. 

Ditambahkan Boytenjuri, pemerintah juga menargetkan peningkatan daya saing masyarakat untuk sejajar atau lebih unggul dari aktivitas sosial ekonomi masyarakat negara tetangga. (Humas BNPP)

Lebih lanjut...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.